relation: https://katalog.ukdw.ac.id/8185/ title: THE USE OF VISUAL AIDS TO ENHANCE JUNIOR SCHOOL STUDENTS VOCABULARY IN RURAL AREA creator: Jonathan Eiko Prasetyo subject: L Pendidikan (Umum) subject: PE Bahasa Inggris description: Kosa kata merupakan bagian inti dari pembelajaran bahasa Inggris, khususnya untuk English as Foreign Language students (EFL). Kemudian, siswa di pedesaan menghadapi kesulitan dalam belajar bahasa Inggris karena mereka memiliki kemampuan yang lebih rendah dalam penguasaan kosa kata. Kemudian, guru perlu memastikan bahwa siswa menguasai kosa kata dasar melalui berbagai pendekatan. Studi sebelumnya menemukan bahwa alat bantu visual dan kosa kata direkomendasikan untuk bahasa Inggris pada tingkat kemahiran pemula. Dengan pertimbangan tersebut maka diadakan pembelajaran penggunaan visual dan kosa kata di SMP Negeri Wonogiri. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas atau PTK dan dilanjutkan dengan metode campuran. Penelitian ini menggunakan daftar periksa observasi untuk menunjukkan bagaimana alat bantu visual dapat diintegrasikan ke dalam pengajaran kosa kata dengan analisis tematik. Kemudian, penilaian tugas harian diamati dengan Statistik deskriptif dan pretest dan posttest untuk mengetahui sejauh mana alat bantu visual membantu kosa kata siswa dengan uji berpasangan SPSS T-test. Terakhir, kuesioner untuk menunjukkan pandangan siswa terhadap penggunaan alat peraga. Hasil menunjukkan penggunaan alat bantu visual berdasarkan temuan ini dapat diintegrasikan ke instruksi kosa kata dengan penggunaan berbagai dokumen instruksional. Kemudian, peneliti menemukan perluasan yang signifikan dari penggunaan alat bantu visual untuk meningkatkan kosa kata siswa pedesaan yang dibuktikan dengan hasil dari penilaian tugas harian hingga pretest dan posttest dengan hasil (p<.05). Terakhir, mayoritas siswa menunjukkan sikap positif terhadap penggunaan alat bantu visual yang tertanam dalam pengajaran dan pembelajaran bahasa Inggris. --- (English) --- Vocabulary is a core part of English learning, especially for English as Foreign Language students (EFL). Then, students in rural area are facing difficulties in learning English as they have a lower ability in vocabulary mastery. Then, teachers need to ensure that students master the base vocabulary through a variety of approaches. The previous study finds that visual aids and vocabulary are recommended for English at the beginner level of proficiency. With those considerations, the study of the use of visuals and vocabulary was held in the Junior High School in Wonogiri. This study has used the Classroom Action Research method or CAR and followed by the mixed method. This research used an observation checklist to show how could visual aids be integrated into vocabulary instruction with thematic analysis. Then, daily task assessments were observed with descriptive statistics and pretest and posttest to find out to what extent visual aids help students' vocabulary with the t-test SPSS paired test. Lastly, the questionnaire to show student's views toward the use of visual aids. The results showing the use of visual aids based in this finding can be integrated to vocabulary instruction with the use of various instructional documents. Then, researcher found the significant extend of the use of visual aids to improve the rural students’ vocabulary evidenced by the result from grades of daily task assessments to pretest and posttest with the result of (p< .05). Lastly, the majority of students showing positive manners towards the use of visual aids embedded in English teaching and learning. date: 2023-12-02 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: en identifier: https://katalog.ukdw.ac.id/8185/1/81190066_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf format: text language: en identifier: https://katalog.ukdw.ac.id/8185/2/81190066_bab2-sd-bab4_lampiran.pdf identifier: Jonathan Eiko Prasetyo (2023) THE USE OF VISUAL AIDS TO ENHANCE JUNIOR SCHOOL STUDENTS VOCABULARY IN RURAL AREA. Bachelor thesis, Universitas Kristen Duta Wacana.