eprintid: 8083 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 40 dir: disk0/00/00/80/83 datestamp: 2024-02-16 03:09:34 lastmod: 2024-02-16 03:09:34 status_changed: 2024-02-16 03:09:34 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: michellachristine22@gmail.com creators_name: , Michella Christine Awak creators_id: 61190404 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Manurung, Parmonangan contributors_name: Hapsari, Maria Kinanthi Sakti Ning contributors_id: 0523017501 corp_creators: Universitas Kristen Duta Wacana title: PERPUSTAKAAN ANAK SEBAGAI WAHANA EDUKASI DAN REKREASI ANAK DI KABUPATEN KLATEN DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR PERILAKU ispublished: pub subjects: NA subjects: TH divisions: pro_arsi full_text_status: restricted keywords: Perancangan, Perpustakaan, Anak, Edukasi, Rekreasi, Arsitektur Perilaku abstract: Klaten merupakan salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang dikenal sebagai satu kota yang diapit oleh kota Jogja dan kota Solo. Terdapat suatu isu di Kabupaten Klaten yang menjadi latar belakang dari perencanaan dan perancangan perpustakaan dengan menerapkan metode pendekatan arsitektur perilaku terhadap anak. Isu tersebut yaitu terkait rendah dan menurunnya minat baca anak-anak di Kabupaten Klaten, dan berdasarkan beberapa hasil penelitian anak-anak di kabupaten Klaten, hal ini memang dipengaruhi banyak faktor seperti kurangnya pendampingan orang tua maupun guru terhadap anak, kurangnya ketersediaan fasilitas pendukung program membaca, bahkan pengaruh perkembangan teknologi berupa gadget. Anak merupakan generasi penerus bangsa dan harapan orang tua, maka kualitas edukasi anak perlu menjadi perhatian. Persoalan secara arsitektural, umumnya perpustakaan di Indonesia di desain kuno, kaku, membosankan, dan area baca terkesan sempit dengan sekeliling penuh jajaran buku-buku. Maka perlu menerapkan metode pendekatan arsitektur perilaku terhadap anak agar kesesuaian kebutuhan dan zonasi ruang disesuaikan dengan perilaku anak yang berbeda dengan orang dewasa. Bahkan perancangan bentuk gubahan masa perlu berdasarkan pada cara meningkatkan minat anak untuk datang dan membaca. Hasil yang diperoleh berupa perancangan “Perpustakaan Anak sebagai Wahana Edukasi dan Rekreasi di Kabupaten Klaten dengan Pendekatan Arsitektur Perilaku”. Perancangan fasilitas perpustakaan anak ini mengacu pada pedoman pemanfaatan lahan yang ditetapkan pemerintah kabupaten Klaten di dalam Rencana Tata Ruang dan Wilayah (RTRW) yang berlaku pada masa perancangan ini. date: 2023-08-05 date_type: published institution: Universitas Kristen Duta Wacana department: Fakultas Arsitektur dan Desain thesis_type: skripsi thesis_name: other funders: repository@staff.ukdw.ac.id citation: Michella Christine Awak (2023) PERPUSTAKAAN ANAK SEBAGAI WAHANA EDUKASI DAN REKREASI ANAK DI KABUPATEN KLATEN DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR PERILAKU. Bachelor thesis, Universitas Kristen Duta Wacana. document_url: https://katalog.ukdw.ac.id/8083/1/61190404_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf document_url: https://katalog.ukdw.ac.id/8083/2/61190404_bab2%20sd%20bab4_lampiran.pdf