%A Veronica Novianti %X Pertumbuhan warga yang terus terjadi mengakibatkan kesulitan bagi Majelis Gereja dan pengurus wilayah untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan terutama informasi terkait data warganya dikarenakan belum adanya sistem terpusat. Berdasarkan permasalahan tersebut, diperlukan sistem dashboard untuk menampilkan data – data yang dibutuhkan seperti sebaran kategori warga, pekerjaan, pelayanan, disabilitas, gender, dan golongan darah. Penelitian ini dibangun menggunakan metode User Centered Design dalam membantu pengembangan sistem dashboard yang meliputi understand context of use, specify user requirements, design solution, dan evaluate against requirements. Metode ini melibatkan Admin Gereja dan Admin Wilayah sebagai pengguna dari sistem dashboard dalam pengembangannya. Setelah implementasi dari design solution, dilakukan usability testing untuk mengukur kelayakan dari sistem yang sudah selesai dikembangkan. Usability testing pada penelitian ini digunakan untuk mengukur 3 variabel yaitu efektivitas, efisiensi, dan kepuasan pengguna. Hasil efektivitas Admin Gereja dan Admin Wilayah masing – masing berada pada tingkat yang sedang dengan nilai 75% dan 60%. Untuk efisiensi, Admin Gereja dan Admin Wilayah masing - masing berada pada sedang dan buruk dengan nilai 69,51% dan 46,03%. Terakhir, kepuasan pengguna (satisfication) didapatkan dari parameter pada USE xvi Questionnaire dimana rata – rata Admin Gereja dan Admin Wilayah masing - masing memiliki tingkat kegunaan yang tinggi dengan nilai 95,71% dan 89,71%. %K dashboard, User Centered Design, Usability Testing, efektivitas, efisiensi, kepuasan pengguna %T PEMBANGUNAN DASHBOARD WARGA MENGGUNAKAN METODE USER CENTERED DESIGN STUDI KASUS : GKJ DAYU %L katalog8060 %D 2023 %I Universitas Kristen Duta Wacana