TY - THES PB - Universitas Kristen Duta Wacana KW - dashboard KW - User Centered Design KW - Usability Testing KW - efektivitas KW - efisiensi KW - kepuasan pengguna N2 - Pertumbuhan warga yang terus terjadi mengakibatkan kesulitan bagi Majelis Gereja dan pengurus wilayah untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan terutama informasi terkait data warganya dikarenakan belum adanya sistem terpusat. Berdasarkan permasalahan tersebut, diperlukan sistem dashboard untuk menampilkan data ? data yang dibutuhkan seperti sebaran kategori warga, pekerjaan, pelayanan, disabilitas, gender, dan golongan darah. Penelitian ini dibangun menggunakan metode User Centered Design dalam membantu pengembangan sistem dashboard yang meliputi understand context of use, specify user requirements, design solution, dan evaluate against requirements. Metode ini melibatkan Admin Gereja dan Admin Wilayah sebagai pengguna dari sistem dashboard dalam pengembangannya. Setelah implementasi dari design solution, dilakukan usability testing untuk mengukur kelayakan dari sistem yang sudah selesai dikembangkan. Usability testing pada penelitian ini digunakan untuk mengukur 3 variabel yaitu efektivitas, efisiensi, dan kepuasan pengguna. Hasil efektivitas Admin Gereja dan Admin Wilayah masing ? masing berada pada tingkat yang sedang dengan nilai 75% dan 60%. Untuk efisiensi, Admin Gereja dan Admin Wilayah masing - masing berada pada sedang dan buruk dengan nilai 69,51% dan 46,03%. Terakhir, kepuasan pengguna (satisfication) didapatkan dari parameter pada USE xvi Questionnaire dimana rata ? rata Admin Gereja dan Admin Wilayah masing - masing memiliki tingkat kegunaan yang tinggi dengan nilai 95,71% dan 89,71%. TI - PEMBANGUNAN DASHBOARD WARGA MENGGUNAKAN METODE USER CENTERED DESIGN STUDI KASUS : GKJ DAYU UR - https://katalog.ukdw.ac.id/8060/ EP - 76 ID - katalog8060 AV - restricted A1 - Veronica Novianti Y1 - 2023/08/05/ M1 - skripsi ER -