eprintid: 8049 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 40 dir: disk0/00/00/80/49 datestamp: 2024-01-29 05:06:52 lastmod: 2024-01-29 05:06:52 status_changed: 2024-01-29 05:06:52 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: daniyudha81@gmail.com creators_name: , Bonifacius Dani Yudha Permana creators_id: 71180354 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Haryono, Nugroho Agus contributors_name: Delima, Rosa contributors_id: 0510117502 contributors_id: 0228107401 corp_creators: Universitas Kristen Duta Wacana title: PENERAPAN METODE DESIGN THINKING UNTUK PERANCANGAN DASHBOARD INFORMASI BAGI DROPSHIPPER STUDI KASUS : BALEOMOL.COM ispublished: pub subjects: Q1 subjects: QA75 subjects: T1 divisions: tek_informatika full_text_status: restricted keywords: Design Thingking, Usability Testing, UI / UX Design, Dashboard, UEQ (User Experience Questionnaire) abstract: Data penjualan dropshipper setiap hari akan bertambah dan semakin banyak sehingga dibutuhkan sebuah penyajian data dengan cara divisualisasi. Data penjualan di visualisasi tersebut harapannya dapat menunjang penentuan strategi kedepan dalam melakukan penjualan. Baleomol memang sudah menyediakan dashboard sebagai visualisasi data. Namun dari pengalaman peneliti dan teman -teman sesama dropshipper, merasa bahwa dashboard Baleomol masih belum lengkap. Untuk memenuhi kebutuhan pengguna maka jenis dashboard yang digunakan peneliti adalah jenis strategis untuk menunjang strategi penjualan dropshipper. Agar mendapatkan dashboard yang menjadi solusi dari kendala atau masalah pengguna maka dashboard yang dibangun menggunakan metode Design Thinking.Design thinking merupakan metode yang digunakan untuk menemukan solusi dari suatu masalah dengan cara proses kolaboratif dengan pengguna sehingga produk yang dihasilkan dapat sesuai dengan kebutuhan dan juga keinginan pengguna. Jika desain sudah selesai, maka akan dilakukan pengujian tampilan desain dashboard Baleomol dengan pendekatan User Experience Questionnaire (UEQ) dan Usability Testing. Pengujian penelitian usability testing menggunakan platform Maze mendapatkan output untuk Success Rate mendapatkan 100% tingkat kesuksesan menyelesaikan tugas, tidak ada yang menyerah/ gagal dalam mengoperasikan dashboard Baleomol. Untuk The Time a Task Requires seluruh pengguna mampu memahami alur berbeda pada dashboard Baleomol dengan rata rata waktu yang cepat pada masing masing tugasnya. Mulai dari tugas 1 : 37.2 detik (7 alur), tugas 2 : 14.2 detik(2 alur), tugas 3 : 7.5 detik(2 alur), tugas 4 : 4 detik(2 alur) dan tugas 5 : 13.5 detik(2 alur). Untuk Error Rate sangat sedikit yang mengalami kesalahan klink hanya terjadi 4 kali dari 25 total pengujian. Kemudian dilihat dari Usability score yang diberikan pada tugas1 adalah 94, tugas 2 adalah 86, tugas 3 adalah 89, tugas 4 adalah 90, dan tugas 5 adalah 96. Untuk keseluruhan skornya adalah 94 dari 100. Pengukuran kepuasan pengguna menggunakan UEQ didapatkan rata rata dari masing masing skala yang diuji dimana Daya tarik, kejelasan, efisiensi, ketepatan, dan stimulasi mendapatkan nilai excellent, kebaruan mendapat nilai Good. Menunjukan score 2.53, 2.35, 2.30, 2.20, 2.45, dan 1.55. Hasil ini sangat meningkat dengan UEQ pada dashboard Baleomol sekarang yaitu dengan score 1.30, 1.15, 1.35, 1.05, 0.90, dan 0.10. date: 2023-08-05 date_type: published pages: 137 institution: Universitas Kristen Duta Wacana department: Fakultas Teknologi Informasi thesis_type: skripsi thesis_name: other funders: repository@staff.ukdw.ac.id citation: Bonifacius Dani Yudha Permana (2023) PENERAPAN METODE DESIGN THINKING UNTUK PERANCANGAN DASHBOARD INFORMASI BAGI DROPSHIPPER STUDI KASUS : BALEOMOL.COM. Final Year Projects (S1) thesis, Universitas Kristen Duta Wacana. document_url: https://katalog.ukdw.ac.id/8049/1/71180354_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf document_url: https://katalog.ukdw.ac.id/8049/2/71180354_bab2%20sd%20bab4_lampiran.pdf