%0 Thesis %9 Bachelor %A Hanna Natasha Putri %A Universitas Kristen Duta Wacana, %B Desain Produk %D 2023 %F katalog:7983 %I Universitas Kristen Duta Wacana %K Produk Inklusif, Membatik Cap, Pencegahan Risiko, Umpan Balik, Orientasi %P 91 %T DESAIN SARANA PEMBELAJARAN MEMBATIK CAP BAGI PENGGUNA TUNANETRA DENGAN PENDEKATAN INKLUSIF %U https://katalog.ukdw.ac.id/7983/ %X Latar belakang penelitian ini didasarkan pada kesenjangan kesempatan produksi produk batik bagi pengguna tunanetra di Yogyakarta. Penelitian dimulai dengan observasi pra-penelitian yang dilakukan dengan perajin batik. Observasi diselenggarakan untuk mengidentifikasi kriteria kegiatan membatik dari aspek interaksi pengguna dengan produk. Selanjutnya, penelitian dilakukan melalui eksperimen dan pencarian data terkait penggunaan membatik cap oleh pengguna tunanetra, untuk mengetahui ukuran kapabilitas, kecenderungan, dan persepsi pengguna dalam mengoperasikan alat. Hasil penelitian menunjukkan adanya kesenjangan antara atribut produk membatik cap konvensional dengan kapabilitas pengguna tunanetra, dan rasa takut terhadap panas. Dalam rangka merumuskan masalah perancangan, dua prioritas terpilih diidentifikasi, yaitu perlunya produk yang menjaga keamanan pengguna tunanetra dalam berkegiatan membatik cap dan perlunya produk yang mengakomodasi pengguna tunanetra dalam menghasilkan luaran membatik cap yang rapi. Rekomendasi desain yang dihasilkan menekankan pentingnya akomodasi orientasi, umpan balik, dan pencegahan risiko kecelakaan pengguna dalam perancangan produk. Proses perancangan dilakukan secara iteratif dengan melibatkan pemangku kepentingan dan tunanetra di Yogyakarta melalui uji prototipe, penggunaan produk, dan wawancara. Hasil dari uji pengguna dan wawancara tersebut digunakan untuk menyempurnakan produk dan memberikan saran pengembangan lebih lanjut. Perancangan ini diharapkan dapat berkontribusi terhadap pengembangan produk membatik cap inklusif yang sesuai kebutuhan pengguna siswa tunanetra di Yogyakarta.