%K kursi, meja, sakit punggung, kafe, laptop %T PENGEMBANGAN DESAIN KURSI DAN MEJA UNTUK MENDUKUNG AKTIVITAS MENGGUNAKAN LAPTOP BAGI PARA PENGUNJUNG DI KAFE %L katalog7980 %D 2023 %X Rutinitas manusia di era modern ini diisi dengan kegiatan-kegiatan yang padat . Terkait dengan rutinitas tersebut dapat mengakibatkan stress dan kepenatan. Salah satu tempat untuk bersantai serta menghilangkan kebosanan dari beragam kegiatan manusia sehari-hari adalah kafe. Saat sedang melakukan aktivitas menggunakan laptop terlihat dari beberapa pengunjung kafe posisi punggung justru membungkuk dan ada pula yang meletakkan laptopnya di paha. Pengunjung memiliki permasalahan yaitu mengenai perancangan kursi dan meja yang sederhana serta dapat mengurangi risiko penyakit nyeri punggung bagian bawah untuk mengerjakan aktivitas menggunakan laptop. Tujuan dari perancangan produk ini adalah untuk mengembangkan kursi dan meja kafe yang dapat memenuhi kriteria duduk tegap. Manfaat dari pengembangan produk ini adalah mengurangi risiko terjadinya sakit punggung bagian bawah para pengunjung kafe. Pengembangan produk kursi dan meja ini menggunakan metode Design Thinking. Design Thinking memiliki 5 tahapan yaitu empathize, define, ideate, prototype, test. Empathize adalah proses berempati ke pengguna. Define adalah menemukan permasalahan dari pengguna. Ideate adalah solusi dari permasalahan pengguna. Prototype adalah permodelan produk yang dibuat untuk keperluan awal pengembangan. Test adalah pengujian produk kepada pengguna. Hasil dari observasi adalah pengunjung masih mengeluh mengenai masalah saat mengerjakan sesuatu menggunakan laptop. Kenyamanan pengunjung harus lebih diperhatikan sehingga dapat meminimalkan penekanan saraf yang terletak pada area lumbar diskus. Posisi tubuh pengunjung kafe saat beraktivitas menggunakan laptop seharusnya adalah duduk tegap. %I Universitas Kristen Duta Wacana %A Erika Yulianti Purba