%0 Thesis %9 Bachelor %A Elisse Moudy Seraphima %A Universitas Kristen Duta Wacana, %B Arsitektur %D 2023 %F katalog:7973 %I Universitas Kristen Duta Wacana %K cyberbullying; fenomenologi; perundungan; sensori; trauma center %P 43 %T PERANCANGAN PUSAT EDUKASI SOSIAL REMAJA DENGAN PENDEKATAN SENSORI DI YOGYAKARTA %U https://katalog.ukdw.ac.id/7973/ %X Perundungan merupakan masalah serius yang marak ditemui dan dilakukan remaja di Indonesia sehingga perlu ditindaklanjuti secara serius. Kehadiran sarana edukasi dan penyuluhan bagi peningkatan kepedulian masyarakat terutama remaja terhadap kasus perundungan, dan sebagai bentuk dukungan bagi korban yang mengalami trauma merupakan hal penting. Oleh sebab itu, kebutuhan pusat edukasi sosial remaja terkait perundungan menggunakan pendekatan arsitektur fenomenologi berbasis sensori guna berorientasi pada pengalaman sadar korban. Pusat edukasi dirancang memiliki 2 fungsi utama yaitu sebagai gallery, dan trauma center. Gallery memiliki fungsi edukasi dengan menceritakan pengalaman dan perasaan korban perundungan melalui pengalaman meruang yang dihadirkan pada sequence sehingga pengunjung dapat merasakan secara langsung perasaan korban bukan hanya melalui gambaran visual. Sementara, trauma center adalah fasilitas bagi korban perundungan yang mengalami trauma dan membutuhkan pendampingan para ahli (psikolog) sehingga korban mendapatkan sesi konseling dan melakukan berbagai kegiatan yang dapat membantu mereka untuk menyembuhkan traumanya. Konsep perancangan harus berorientasi pada pengalaman korban agar fasilitas ditawarkan memenuhi kebutuhan pemulihan traumatik.