%X Penelitian ini menganalisis transparansi laporan keberlanjutan Pertamina berdasarkan informasi dari pemberitaan media massa. Penelitian ini juga mengevaluasi kecenderungan Pertamina untuk mengurangi informasi negatif dalam laporan keberlanjutan demi memperkuat legitimasi perusahaan. Content analysis digunakan untuk mengamati pengungkapan dalam lima laporan keberlanjutan Pertamina tahun 2017 hingga 2021 dan 2.239 pemberitaan media massa. Transparansi laporan keberlanjutan dianalisis menggunakan tiga indikator transparansi oleh Piechocki (2004). Temuan menunjukkan bahwa secara keseluruhan, laporan keberlanjutan Pertamina tidak transparan dan cenderung mengurangi informasi negatif mengenai perusahaan. Evaluasi dan penetapan langkah strategis perlu dilakukan oleh Pertamina demi mendukung agenda 2030 yang ditetapkan oleh Pemerintah Indonesia. %I Universitas Kristen Duta Wacana %A Juliyet Theresa Marselena %K Transparansi, Laporan Keberlanjutan, Pemberitaan Media Massa %T TRANSPARANSI LAPORAN KEBERLANJUTAN BERDASARKAN PEMBERITAAN MEDIA MASSA: STUDI KASUS PADA PT PERTAMINA (PERSERO) %D 2023 %L katalog7933