eprintid: 7915 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 504 dir: disk0/00/00/79/15 datestamp: 2023-11-23 03:53:17 lastmod: 2023-11-23 03:53:17 status_changed: 2023-11-23 03:53:17 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: keziasinaga57012@gmail.com creators_name: , Kezia Audrey Sazkhya Sinaga creators_id: 12190455 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Christanti, Rossalina corp_creators: Universitas Kristen Duta Wacana title: DIGITAL ADOPTION AND FINANCIAL PERFORMANCE: EVIDENCE FROM INDONESIAN MSMES IN FOOD AND BEVERAGE SECTOR ispublished: pub subjects: HF subjects: HG divisions: pro_akuntansi full_text_status: restricted keywords: Adopsi Digital, Kinerja Keuangan, UMKM Indonesia, Digital Adoption, Financial Performance, Indonesian SMEs abstract: Adopsi digital saat ini mulai dimanfaatkan oleh pelaku usaha UMKM. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dampak dari adopsi teknologi digital terhadap kinerja keuangan. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan survey terhadap 520 UMKM sektor makanan dan minuman di Indonesia, analisis data dilakukan dengan menggunakan metode purposive sampling. Variabel yang menjadi perhatian dalam penelitian ini adalah keuangan digital, pembayaran digital, dan pemasaran digital. Selanjutnya, literasi keuangan dan inklusi keuangan diusulkan sebagai moderasi. Hasil menunjukkan bahwa keuangan digital, pembayaran digital dan pemasaran digital memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja keuangan UMKM, sehingga dapat disimpulkan bahwa UMKM yang mengadopsi teknologi digital cenderung memiliki kinerja yang lebih baik. Lebih lanjut, moderasi literasi keuangan dan inklusi keuangan tidak mampu memperkuat hubungan keuangan digital, pembayaran digital dan pemasaran digital terhadap kinerja keuangan. Implikasi penelitian ini adalah pentingnya bagi pemilik usaha untuk mempertimbangkan adopsi teknologi digital agar dapat meningkatkan kinerja keuangan. Banyaknya usaha yang mengalami peningkatan kinerja keuangan, maka akan diikuti pula dengan peningkatan perekonomian Indonesia. Adapun keterbatasan selama penelitian ini dilakukan, seperti jumlah sampel UMKM golongan besar yang tidak sebanding dengan golongan lainnya, serta hasil penelitian yang tidak dapat diterapkan secara luas pada sektor lain. date: 2023-08-05 date_type: published pages: 34 institution: Universitas Kristen Duta Wacana department: Akuntansi thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Kezia Audrey Sazkhya Sinaga (2023) DIGITAL ADOPTION AND FINANCIAL PERFORMANCE: EVIDENCE FROM INDONESIAN MSMES IN FOOD AND BEVERAGE SECTOR. Bachelor thesis, Universitas Kristen Duta Wacana. document_url: https://katalog.ukdw.ac.id/7915/1/12190455_bab1_bab5_daftar%20pustaka.pdf document_url: https://katalog.ukdw.ac.id/7915/2/12190455_bab2%20s.d%20bab4_lampiran.pdf