%A Jonathan Martin Kurnianto %I Universitas Kristen Duta Wacana %X Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) merupakah salah satu sektor pada perekonomian Indonesia yang mampu bertahan pada krisis moneter. Sektor UMKM mulai mendapat perhatian dan terus mendapatkan dukungan pengembangan berupa penggunaan teknologi informasi. Peningkatan pengguna internet menandakan adanya peluang dalam menggunakan teknologi informasi guna melakukan pemasaran dan pencatatan keuangan digital. Sampel pada penelitian ini sebanyak 72 orang yang merupakan pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Daerah Istimewa Yogyakarta yang melakukan pencatatan keuangan menggunakan Buku Warung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan akuntansi, persepsi kegunaan (perceived usefulness), dan persepsi kemudahaan penggunaan (perceived ease of use) terhadap sikap penggunaan (attitude toward) aplikasi buku warung. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) pengetahuan akuntansi memiliki hubungan yang positif signifikan terhadap sikap penggunaan (attitude toward) aplikasi buku warung; 2) persepsi kegunaan (perceived usefulness) memiliki hubungan yang positif signifikan terhadap sikap penggunaan (attitude toward) aplikasi buku warung; 3) persepsi kemudahaan penggunaan (perceived ease of use) memiliki hubungan yang positif signifikan terhadap sikap penggunaan (attitude toward) aplikasi buku warung. %L katalog7914 %D 2023 %K Pengetahuan Akuntansi, Persepsi Kegunaan (Perceived Usefulness), Persepsi Kemudahan (Perceived Ease of Use), Sikap Penggunaan (Attitude Toward), Buku Warung, dan UMKM %T HUBUNGAN PENGETAHUAN AKUNTANSI, PERSEPSI KEGUNAAN DAN PERSEPSI KEMUDAHAAN PENGGUNAAN TERHADAP SIKAP PENGGUNAAN APLIKASI BUKU WARUNG BERBASIS ANDROID PADA UMKM DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA