TY - THES N2 - Penelitian ini menguji market timing terhadap hutang. Market timing diukur menggunakan kondisi hot and cold market. Hot (cold) market terjadi saat market to book ratio di atas (di bawah) nilai rata-rata market to book ratio. Sampel penelitian yang digunakan adalah 109 perusahaan sektor manufaktur yang tercatat di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2012-2016. Variabel dependen adalah hutang. Variabel independen adalah pasar. Variabel kontrol adalah hutang tahun lalu, profitabilitas tahun lalu dan ukuran perusahaan tahun lalu. Metode analisis yang digunakan adalah regresi sederhana. Hasil analisis menunjukkan bahwa pasar berpengaruh positif terhadap hutang. Market timing secara persisten mempengaruhi hutang. Variabel kontrol hutang tahun lalu, profitabilitas tahun lalu dan ukuran perusahaan tahun lalu dapat dijadikan variabel independen dimana profitabilitas tahun lalu berpengaruh negatif terhadap hutang dan ukuran perusahaan tahun lalu berpengaruh positif terhadap hutang. A1 - 11140082, DORTI LUSIANA ARIANI TAMPUBOLON AV - restricted Y1 - 2018/07// ID - katalog781 TI - PENGARUH MARKET TIMING TERHADAP HUTANG UR - https://katalog.ukdw.ac.id/781/ PB - Universitas Kristen Duta Wacana KW - teori market timing KW - hutang KW - hot and cold market KW - market to book ratio M1 - skripsi EP - 42 ER -