eprintid: 7786 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 40 dir: disk0/00/00/77/86 datestamp: 2023-09-05 04:31:00 lastmod: 2023-09-05 04:31:00 status_changed: 2023-09-05 04:31:00 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: louishalawa@gmail.com creators_name: , Louis Haga Alnoveus Halawa creators_id: 72180233 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Wibowo, Argo contributors_name: Proboyekti, Umi contributors_id: 0516118902 contributors_id: 0508087001 corp_creators: Universitas Kristen Duta Wacana title: APLIKASI LAYANAN ONLINE JEMAAT GEREJA STUDI KASUS : GEREJA BNKP TELADAN MEDAN ispublished: pub subjects: QA75 subjects: T1 divisions: sist_informasi full_text_status: restricted keywords: Black Box Testing, Boundary Value Analysis, Proses bisnis, Layanan abstract: Gereja merupakan tempat orang – orang yang memiliki kepercayaan agama kristen untuk beribadah. Selain itu, gereja juga berfungsi sebagai sebuah organisasi yang mempunyai aktivitasnya sendiri. Gereja BNKP (Banua Niha Keriso Protestan) Teladan Medan merupakan salah satu gereja yang berada dalam sinode BNKP berlokasi di kota medan. Gereja ini juga merupakan salah satu gereja terbesar di dalam sinode BNKP yang anggota jemaat tetapnya mencapai tiga ribu anggota. Penelitian ini merancang sebuah aplikasi yang dapat membantu jemaat dalam proses pengajuan layanan sesuai dengan aturan proses bisnis yang berlaku. Layanan pada aplikasi yang akan dirancang terdiri dari empat layanan, yaitu layanan baptis anak, layanan sidi, layanan pemberkatan pernikahan, dan layanan permintaan khotbah / doa. Metode penelitian yang digunakan selaras dengan langkah – langkah dalam SDLC (Software Development Life Cycle). Tahapan pertama yang dilakukan adalah wawancara dengan pihak gereja terkait dengan layanan dan aturan proses bisnisnya. Tahapan selanjutnya adalah mendesain hasil wawancara menjadi sebuah alur proses bisnis. Dari alur proses bisnis tersebut kemudian dirancang sebuah aplikasi yang bisa mengimplementasikan aturan dari proses bisnis yang sudah di desain menggunakan framework Laravel yang kemudian diuji memakai metode Black Box Testing dengan teknik BVA (Boundary Value Analysis). Pengujian dilakukan secara otomasi dengan membuat sebuah skenario pengujian dan dilakukan secara otomatis oleh sistem. Hasil dari pengujian menyatakan bahwa aplikasi dapat berjalan dengan baik berdasarkan perhitungan dari banyaknya skenario yang berhasil dilakukan. Berdasarkan hasil pengujian tersebut, aplikasi dapat dipakai oleh jemaat untuk mengajukan layanan baptis anak, layanan sidi, layanan pemberkatan pernikahan, dan layanan permintaan khotbah / doa dengan baik dan sesuai dengan proses bisnis yang berlaku. date: 2023-03-11 date_type: published pages: 130 institution: Universitas Kristen Duta Wacana department: Sistem Informasi thesis_type: skripsi thesis_name: other funders: repository@staff.ukdw.ac.id citation: Louis Haga Alnoveus Halawa (2023) APLIKASI LAYANAN ONLINE JEMAAT GEREJA STUDI KASUS : GEREJA BNKP TELADAN MEDAN. Final Year Projects (S1) thesis, Universitas Kristen Duta Wacana. document_url: https://katalog.ukdw.ac.id/7786/1/72180233_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf document_url: https://katalog.ukdw.ac.id/7786/2/72180233_bab2%20sd%20bab4_lampiran.pdf