eprintid: 7762 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 504 dir: disk0/00/00/77/62 datestamp: 2023-08-22 04:34:08 lastmod: 2023-08-22 04:34:08 status_changed: 2023-08-22 04:34:08 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: siagasat@gmail.com creators_name: , Siaga Adi Satoto creators_id: 81180048 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Subekti, Adaninggar Septi contributors_id: 0504098902 corp_creators: Universitas Kristen Duta Wacana title: THE USE OF REWARDS ON STUDENT'S ENGAGEMENT IN ENGLISH CLASSES: A STUDY OF INDONESIAN HIGH SCHOOL STUDENTS ispublished: pub subjects: L1 subjects: LB1603 divisions: pend_bing full_text_status: restricted keywords: rewards, engagement, EFL, student’s viewpoint abstract: Penghargaan dan keterlibatan siswa jarang diteliti secara bersamaan pada penelitian sebelumnya. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki penggunaan penghargaan di dalam kelas di sekolah menengah atas di Indonesia, pengaruh penghargaan terhadap keterlibatan siswa dari sudut pandang siswa sekolah menengah atas di Indonesia, dan persepsi umum mereka tentang penghargaan. Penelitian kualitatif ini menggunakan observasi dan wawancara untuk meneliti bagaimana siswa menerima penghargaan dan persepsi mereka tentangnya. Siswa sekolah menengah atas (SMA) dari empat kelas di salah satu SMA swasta di Indonesia mengikuti penelitian ini. Ada dua guru dan masing-masing mengajar di dua kelas. Dari semua siswa SMA yang diamati, empat siswa dipilih untuk diwawancarai karena mereka menerima lebih dari satu tipe penghargaan. Hasil observasi dari salah satu guru menunjukkan bahwa tiga jenis penghargaan disajikan di ruang kelas yang diobservasi dan respons siswa terhadap penghargaan itu beragam seperti tersenyum, merasa enggan, dan tidak ada reaksi. Dari wawancara juga muncul beberapa tema, seperti, 1) pujian verbal membuat siswa merasa bangga dan senang, 2) siswa akan lebih memperhatikan setelah dipuji, 3) pujian tidak meningkatkan partisipasi aktif siswa di kelas, 4) siswa lebih menyukai jenis penghargaan sosial karena mereka merasa dipercaya oleh guru, 5) penghargaan dapat merangsang lingkungan kelas yang kompetitif, dan 6) semakin siswa dihargai, kelas cenderung semakin menyenangkan. Temuan utama dari penelitian ini adalah guru dapat mempertimbangkan pujian sebagai alat untuk melibatkan siswa di kelas karena hal itu membuat mereka merasa bangga, merasa senang, dan lebih memperhatikan. Namun, karena pujian tidak dapat membuat siswa berpartisipasi aktif dalam pembelajaran seperti, melakukan belajar mandiri atau diskusi kelompok, peneliti lain dapat mengeksplorasi faktor guru lainnya yang berpotensi mempengaruhi partisipasi siswa. date: 2023-03-11 date_type: published pages: 40 institution: Universitas Kristen Duta Wacana department: Pendidikan Bahasa Inggris thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Siaga Adi Satoto (2023) THE USE OF REWARDS ON STUDENT'S ENGAGEMENT IN ENGLISH CLASSES: A STUDY OF INDONESIAN HIGH SCHOOL STUDENTS. Bachelor thesis, Universitas Kristen Duta Wacana. document_url: https://katalog.ukdw.ac.id/7762/1/81180048_bab1_bab5_daftar%20pustaka.pdf document_url: https://katalog.ukdw.ac.id/7762/2/81180048_bab2%20s.d%20bab4_lampiran.pdf