@phdthesis{katalog7761, title = {STUDENTS? PERCEPTIONS ON THE USE OF GRADED READERS IN L2 EXTENSIVE READING CLASS}, school = {Universitas Kristen Duta Wacana}, author = {Pasquela De Lurdes}, year = {2023}, month = {March}, abstract = {Pentingnya graded readers untuk pembelajaran bahasa L2 telah mendapat pujian tinggi dari sejumlah akademisi dan peneliti, dan dampaknya terhadap pembelajar bahasa dapat dilihat baik dalam fitur linguistik maupun afektif. Graded readers penting dalam kelas membaca ekstensif. Mengingat pentingnya graded reader, maka perlu dilakukan penelitian tentang persepsi siswa terhadap penggunaan graded reader di kelas membaca ekstensif L2. Lima mahasiswa yang belajar bahasa Inggris sebagai bahasa asing dari jurusan pendidikan bahasa Inggris yang mengambil kelas membaca ekstensif berpartisipasi dalam penelitian ini. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan analisis dokumen. Berdasarkan hasil wawancara dan analisis dokumen, teridentifikasi tiga tema yang terkait dengan RQ1: 1) graded readers digunakan pada tahap pre-reading, 2) graded readers digunakan pada tahap while-reading dan 3) graded readers digunakan pada tahap post-reading. Selain itu, hasil wawancara menghasilkan empat tema yang dapat diidentifikasi terkait dengan RQ2: 1) siswa berpikir bahwa graded readers dapat membantu mereka meningkatkan kosa kata mereka, 2) siswa berpikir bahwa graded readers dapat membantu mereka meningkatkan pemahaman bacaan mereka, 3) siswa berpikir bahwa graded readers dapat membantu mereka meningkatkan kefasihan membaca mereka, dan 4) siswa berpikir bahwa graded readers dapat membantu mereka meningkatkan minat dan motivasi membaca mereka. Mengingat bahwa peserta dalam penelitian ini memiliki persepsi positif tentang penggunaan graded readers di kelas membaca ekstensif dalam bahasa asing, temuan tersebut tampaknya mendukung penggunaan graded readers dan menunjukkan bahwa buku-buku tersebut memberikan hasil yang menjanjikan untuk praktik membaca ekstensif.}, url = {https://katalog.ukdw.ac.id/7761/}, keywords = {graded readers, extensive reading, L2 reading, students? perception} }