TY - THES N2 - Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa jauh mahasiswa menggunakan strategy belajar sosial di kelas dan untuk menemukan faktor yang mengkin mempengaruhi penggunaan strategy belajar sosial mahasiswa. Penelitian ini dilakukan karena dalam pembelajaran bahasa Inggris, mahasiswa non-Bahasa Inggris mungkin menghadapi kesulitan dan mereka dapat menggunakan strategi belajar sosial dengan belajar bersama mahasiswa lain. Penelitian ini menggunakan metode riset campur sari dan melibatkan 125 siswa General English dari salah satu universitas swasta di Indonesia. Enam siswa diundang untuk wawancara. Kuesioner disebar melalui WhatsApp Groups. Berdasarkan temuan tersebut, strategi belajar sosial digunakan oleh siswa untuk belajar bahasa Inggris. Selanjutnya, hasil wawancara dianalisis menggunakan analisis tematik dan ditemukan tiga tema. Pertama, kuis dan instruksi guru untuk menonton video mendorong siswa untuk bertanya dan melakukan diskusi yang relevan. Kedua, kesulitan teknis selama pembelajaran online mendorong siswa untuk bertanya kepada guru dan teman-temannya. Ketiga, kosakata yang tidak familiar dan kesulitan dalam melafalkan kata-kata tertentu mendorong siswa untuk bertanya kepada temannya. Penelitian ini menyarankan agar guru dapat memberikan kegiatan yang memungkinkan siswa untuk berlatih bahasa Inggris mereka dengan teman-teman mereka. AV - restricted A1 - Erison Saoloan Rajagukguk Y1 - 2023/03/11/ ID - katalog7760 TI - THE USE OF SOCIAL LEARNING STRATEGY BY INDONESIAN NON-ENGLISH DEPARTMENT STUDENTS IN GENERAL ENGLISH CLASS UR - https://katalog.ukdw.ac.id/7760/ PB - Universitas Kristen Duta Wacana KW - Social learning strategy KW - mixed methods KW - General English M1 - skripsi EP - 35 ER -