eprintid: 7746 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 11 dir: disk0/00/00/77/46 datestamp: 2023-08-21 02:41:39 lastmod: 2023-08-21 02:41:39 status_changed: 2023-08-21 02:41:39 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: repository@staff.ukdw.ac.id creators_name: , Riani Bernadet Matialu creators_id: 71190503 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Rini, Maria Nila Anggia contributors_name: Nugraha, Kristian Adi contributors_id: 0504108901 corp_creators: Universitas Kristen Duta Wacana title: DESAIN INKLUSIF UNTUK E-LEARNING BERBASIS WEBSITE ispublished: unpub subjects: QA76 divisions: tek_informatika full_text_status: restricted keywords: Desain inklusif, e-learning, low vision, buta total abstract: Di Sekolah Luar Biasa Negeri 1 Bantul Yogyakarta, setiap siswa memiliki kendala tersendiri ketika belajar daring atau tidak tatap muka. Untuk itu, dibutuhkan inclusive design yaitu metode membuat produk dengan memikirkan keberagaman penggunanya. Target penelitian adalah siswa dengan low vision dan buta total (tidak tunaganda) di jurusan Tunanetra SLB Negeri 1 Bantul serta siswa yang tidak berkebutuhan khusus untuk merancang bangun suatu desain antarmuka yang inklusif. Penelitian ini bertujuan untuk merancang bangun desain antarmuka e-learning yang bersifat inklusif dengan memperhatikan aksesibilitas dan usabilitasnya agar bisa digunakan oleh pengguna yang normal dan pengguna yang memiliki hambatan/kesulitan tertentu. Penelitian menyimpulkan bahwa cara merancang e-learning yang inklusif di mana harus memperhatikan kebutuhan pengguna dengan cara menyediakan fitur aksesibilitas bagi pengguna dengan disabilitas tertentu dan membuat web bisa diakses assistive technology. Penelitian menujukkan bahwa tidak ada perbedaan signifikan tentang efektvitas antara penggunaan laptop dan HP untuk kelompok anak berkebutuhan khusus terhadap performanya dalam menyelesaikan task. Faktor yang paling signifikan dalam mempengaruhi kegagalan responden yang berkebutuhan khusus adalah apakah ia memiliki pengalaman dalam menggunakan laptop. Dengan demikian, e-learning harus didesain secara inklusif agar pengguna dengan keberagamannya dapat dengan mudah membiasakan diri dalam menggunakannya. date: 2023-03-11 date_type: published institution: Universitas Kristen Duta Wacana department: Informatika thesis_type: skripsi thesis_name: other funders: rianimatialu@gmail.com citation: Riani Bernadet Matialu (2023) DESAIN INKLUSIF UNTUK E-LEARNING BERBASIS WEBSITE. Bachelor thesis, Universitas Kristen Duta Wacana. document_url: https://katalog.ukdw.ac.id/7746/1/71190503_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf document_url: https://katalog.ukdw.ac.id/7746/2/71190503_bab2-sd-bab4_lampiran.pdf