%0 Thesis %9 Bachelor %A Estomihi Toynbee Arnold Sitohang %A Universitas Kristen Duta Wacana, %B Informatika %D 2023 %F katalog:7744 %I Universitas Kristen Duta Wacana %K Augmented Reality, Game Experience Questionnaire, Spark Ar, Face Tracking, Filter %T IMPLEMENTASI FILTER INSTAGRAM DENGAN CONTROL FACE TRACKING BERBASIS SPARK AR PADA PERMAINAN MOTORBIKE %U https://katalog.ukdw.ac.id/7744/ %X Perkembangan game sangat meningkat dengan banyaknya berbagai macam genre dan control yang dapat dimainkan. Seiring dengan perkembangan zaman game juga dapat dapat dimainkan secara augmented reality dan virtual reality yang disebabkan oleh perkembangan teknologi yang sudah memumpuni. Permainan augmented reality dapat dimainkan pada salah satu sosial media yaitu instagram yang dimana memanfaatkan pada fitur filter yang ada di instagram. Permainan dengan menggunakan control face tracking sangat jarang digunakan dalam game. Game pada augmented reality pada umumnya dimainkan dengan menggunakan touch screen atau analog. Pada penelitian ini diharapkan dapat membuat filter game dengan memanfaatkan face tracking melalui aplikasi Spark AR. Filter game tersebut bernama motorbike yang berfokus pada user experience yang dimana filter game ini menggunakan control face tracking. Metode user experience yang digunakan dalam permainan filter game motorbike yaitu Game Experience Questionnaire. Pada GEQ responden akan diberikan 2 modul yaitu core module dan post game module. Hasil pengujian dengan menggunakan GEQ memiliki kekurangan pada komponen challenge pada core module dan bisa diperbaiki dengan meningkatkan tantangan pada filter game tersebut.