@unpublished{katalog7743, school = {Universitas Kristen Duta Wacana}, year = {2023}, month = {March}, title = {IMPLEMENTASI GAME-BASED LEARNING BERBASIS GAMIFIKASI PADA GAME PIPA VS LANDA SEBAGAI PEMBELAJARAN MATEMATIKA TINGKAT SEKOLAH DASAR}, author = {Tiar Dwi Krisnanto}, url = {https://katalog.ukdw.ac.id/7743/}, keywords = {Pembelajaran, game-based learning, Gamifikasi, game experience questionnaire.}, abstract = {Proses pembelajaran dapat dilakukan dengan berbagai hal, baik dari sekolah ketika diterangkan oleh guru, buku, ataupun media lainnya. Pembelajaran akan berjalan baik, ketika seseorang nyaman dalam prosesnya, sayangnya siswa cenderung bosan dengan metode pembelajaran yang biasa. Matematika adalah salah satu mata pelajaran yang kurang diminati siswa, karena dianggap memiliki tingkat kesulitan yang tinggi. Permasalahan di atas membuat penulis ingin mencoba menerapkan implementasi gamifikasi dalam game-based learning. Gamifikasi akan menumbuhkan rasa motivasi kepada siswa, untuk dapat terus berusaha. Siswa yang termotivasi diharapkan dapat membuatnya menyukai matematika. Peneliti disini mengembangkan game-based learning berbasis gamifikasi, dengan pengujian evaluasi menggunakan metode game experience questionnaire. Penelitian ini menunjukan penerapan gamifikasi dalam game-based learning dapat diterapkan. Pengujian untuk evaluasi game menggunakan game experience questionnaire juga mendapatkan hasil yang positif dari mayoritas komponen yang ada pada game experience questionnaire.} }