eprintid: 7729 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 11 dir: disk0/00/00/77/29 datestamp: 2023-08-18 01:50:29 lastmod: 2023-08-18 01:50:29 status_changed: 2023-08-18 01:50:29 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: repository@staff.ukdw.ac.id creators_name: , Evodius Prabandana Prawira creators_id: 71180305 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Mahastama, Aditya Wikan contributors_name: Nendya, Matahari Bhakti contributors_id: 0505078201 corp_creators: Universitas Kristen Duta Wacana title: IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY MARKERLESS BASED TRACKING DAN GEOLOCATION PADA PERMAINAN "SLAY THE GHOST" BERBASIS ANDROID ispublished: unpub subjects: QA75 subjects: T1 divisions: tek_informatika full_text_status: restricted keywords: Role Playing Game, Action Role Playing Game, Augmented Reality, Markerless Based Tracking, Geolocation, AR Core, Mapbox, Blackbox Testing, Checklist abstract: Role Playing Game (RPG) merupakan genre dimana pemain memerankan peran untuk mengembangkan suatu cerita. Action RPG (ARPG) merupakan salah satu jenis dari RPG yang berfokus pada elemen perkembangan statistik karakter, pertarungan dan map. Penerapan dari poin utama tersebut di dalam mobile dapat menggunakan augmented reality dengan metode markerless based tracking dan geolocation. Berdasarkan pada masalah yang dihadapi, pengembangan game menggunakan AR Core sebagai software development kit (SDK) berguna untuk fitur pertarungan pada game yang diteliti serta penggunaan Mapbox untuk melakukan integrasi koordinat dunia nyata yaitu longitude, latitude dan altitude menjadi koordinat virtual yang merupakan vektor. Pengujian yang dilakukan pada penelitian ini menggunakan metode black-box testing untuk menguji fungsionalitas sistem dan metode checklist berguna untuk memperoleh tanggapan pemain mengenai sistem yang telah dibuat. Terdapat beberapa kegagalan saat menguji beberapa test case yang ada menggunakan black box testing. Pengujian yang gagal tersebut akan diulang sampai fungsionalitas sesuai dengan yang diharapkan. Permainan diuji coba kebeberapa responden dan melakukan observasi secara langsung. Data didapat dari hasil kuesioner yang diberikan ke beberapa responden dan dievaluasi sesuai dengan metode checklist. Hasil dari data yang ada, klasifikasi yang telah dibuat dengan menggunakan metode checklist dapat digolongkan baik dan dapat disimpulkan bahwa sistem yang telah dibuat berjalan lancar. date: 2023-03-11 date_type: published institution: Universitas Kristen Duta Wacana department: Informatika thesis_type: skripsi thesis_name: other funders: dius.evo@gmail.com citation: Evodius Prabandana Prawira (2023) IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY MARKERLESS BASED TRACKING DAN GEOLOCATION PADA PERMAINAN "SLAY THE GHOST" BERBASIS ANDROID. Bachelor thesis, Universitas Kristen Duta Wacana. document_url: https://katalog.ukdw.ac.id/7729/1/71180305_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf document_url: https://katalog.ukdw.ac.id/7729/2/71180305_bab2-sd-bab4_lampiran.pdf