eprintid: 7722 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 11 dir: disk0/00/00/77/22 datestamp: 2023-08-15 03:18:00 lastmod: 2023-08-15 03:18:00 status_changed: 2023-08-15 03:18:00 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: repository@staff.ukdw.ac.id creators_name: , Timotius Johan Wijaya creators_id: 71180272 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Susanto, Budi contributors_name: Nendya, Matahari Bhakti contributors_id: 0511057301 corp_creators: Universitas Kristen Duta Wacana title: IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY PADA PERMAINAN TAP THE TRASH ispublished: unpub subjects: QA75 subjects: T1 divisions: tek_informatika full_text_status: restricted keywords: Augmented Reality, Flutter, Permainan, Pembelajaran, Anak-anak abstract: Augmented Reality (AR) adalah sebuah teknologi dimana benda maya baik berbentuk dua dimensi maupun tiga dimensi bertemu dan bergabung ke dalam lingkungan dunia nyata. Benda-benda maya tersebut diproyeksikan pada waktu yang nyata (real time). Sekarang ini AR sudah digunakan di berbagai bidang seperti arsitektur, edukasi, interior, bahkan media sosial dan juga permainan. Kecerdasan, kreativitas, dan imajinasi pada anak dapat ditingkatkan dengan berbagai cara salah satunya adalah dengan pengenalan sampah. Dengan teknologi memudahkan anak dalam pembelajaran. Hasil dari penelitian ini didapatkan cara implementasi Augmented Reality dengan menggunakan Flutter pada permainan Tap The Trash sebagai sarana pembelajaran dan pengenalan sampah organik dan anorganik bagi anak-anak. Implementasi ini dapat dilakukan dengan Flutter namun dengan beberapa catatan. Model objek 3 dimensi dapat berjalan dengan baik adalah dengan ekstensi gltf dan disimpan di direktori lokal dari aplikasi. Banyaknya model serta spesifikasi perangkat yang digunakan menentukan kinerja dan seberapa cepat aplikasi dapat bekerja dengan baik. date: 2023-03-11 date_type: published institution: Universitas Kristen Duta Wacana department: Informatika thesis_type: skripsi thesis_name: other funders: timotiusjohan62@gmail.com citation: Timotius Johan Wijaya (2023) IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY PADA PERMAINAN TAP THE TRASH. Final Year Projects (S1) thesis, Universitas Kristen Duta Wacana. document_url: https://katalog.ukdw.ac.id/7722/1/71180272_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf document_url: https://katalog.ukdw.ac.id/7722/2/71180272_bab2-sd-bab4_lampiran.pdf