%0 Thesis %9 Final Year Projects (S1) %A Timotius Johan Wijaya %A Universitas Kristen Duta Wacana, %B Informatika %D 2023 %F katalog:7722 %I Universitas Kristen Duta Wacana %K Augmented Reality, Flutter, Permainan, Pembelajaran, Anak-anak %T IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY PADA PERMAINAN TAP THE TRASH %U https://katalog.ukdw.ac.id/7722/ %X Augmented Reality (AR) adalah sebuah teknologi dimana benda maya baik berbentuk dua dimensi maupun tiga dimensi bertemu dan bergabung ke dalam lingkungan dunia nyata. Benda-benda maya tersebut diproyeksikan pada waktu yang nyata (real time). Sekarang ini AR sudah digunakan di berbagai bidang seperti arsitektur, edukasi, interior, bahkan media sosial dan juga permainan. Kecerdasan, kreativitas, dan imajinasi pada anak dapat ditingkatkan dengan berbagai cara salah satunya adalah dengan pengenalan sampah. Dengan teknologi memudahkan anak dalam pembelajaran. Hasil dari penelitian ini didapatkan cara implementasi Augmented Reality dengan menggunakan Flutter pada permainan Tap The Trash sebagai sarana pembelajaran dan pengenalan sampah organik dan anorganik bagi anak-anak. Implementasi ini dapat dilakukan dengan Flutter namun dengan beberapa catatan. Model objek 3 dimensi dapat berjalan dengan baik adalah dengan ekstensi gltf dan disimpan di direktori lokal dari aplikasi. Banyaknya model serta spesifikasi perangkat yang digunakan menentukan kinerja dan seberapa cepat aplikasi dapat bekerja dengan baik.