%L katalog7537 %D 2022 %I Universitas Kristen Duta Wacana %K Pembelajaran Bauran, Pembelajaran Jarak Jauh, Tingkat Kognitif, Anak, Covid-19, Hasil Belajar. %T HUBUNGAN TINGKAT KOGNITIF DAN PEMBELAJARAN BAURAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SD BUDYA WACANA YOGYAKARTA SELAMA PANDEMI COVID-19 %A Sintha Abilia Puji Winata %X Munculnya pandemi Covid-19 di hampir seluruh penjuru dunia membuat berbagai perubahan di segala aspek kehidupan masyarakat. Anjuran pemerintah dalam mengurangi penyebaran coronavirus salah satunya adalah mengubah metode pembelajaran menjadi full daring dan bauran. Adapun perubahan metode pembelajaran ini mempengaruhi hasil belajar siswa di sekolah, khususnya peserta didik yang masih di bangku sekolah dasar. Hasil belajar juga di pengaruhi oleh tingkat kognitif anak sebagai kemampuan berpikir pada anak. Penelitian dilakukan di SD Budya Wacana Yogyakarta yang sebelumnya belum pernah dilaksanakan. Tujuan: Mengetahui hubungan tingkat kognitif dan metode pembelajaran bauran terhadap hasil belajar siswa selama masa pandemi Covid-19. Metode Penelitian: Penelitian menggunakan metode observasional dengan desain cross- sectional. Pemilihan sampel menggunakan teknik binomunal proportions dengan penarikan sampel menggunakan simple random sampling. Sampel penelitian terdiri atas 36 anak kelas 5 SD Budya Wacana Yogyakarta. Analisis menggunakan uji korelasi Spearman rho dan korelasi berganda. Nilai signifikansi ditentukan dengan nilai p (0,05). Hasil Penelitian: Dengan uji korelasi spearman rho terdapat hubungan antara tingkat kognitif dengan hasil belajar bahasa Indonesia sebanyak 0,42 dengan nilai signifikansi 0,09 dan terdapat hubungan antara tingkat kognitif dengan hasil belajar matematika 0,43 dengan nilai signifikansi 0,09. Ditinjau menggunakan uji korelasi spearman rho terdapat hubungan antara metode pembelajaran dengan hasil belajar bahasa Indonesia -0,42 dengan signifikansi 0,01 dan terdapat hubungan antara metode pembelajaran dengan hasil belajar matematika -0,24 dengan signifikansi 0,14. Pada uji korelasi berpasangan terdapat hubungan antara metode pembelajaran dan tingkat kognitif secara bersama-sama terhadap hasil belajar bahasa Indonesia maupun matematika dengan nilai signifikansi 0,00 dan 0,02 < 0,05. Secara bersama-sama tingkat kognitif dan metode pembelajaran berpengaruh sebanyak 20% terhadap hasil belajar matematika dan 24% terhadap hasil belajar bahasa Indonesia. Kesimpulan: Terdapat hubungan tingkat kognitif dan metode pembelajaran bauran terhadap hasil belajar siswa selama masa pandemi Covid-19.