eprintid: 7528 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 11 dir: disk0/00/00/75/28 datestamp: 2023-03-20 02:33:50 lastmod: 2023-03-20 02:33:50 status_changed: 2023-03-20 02:33:50 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: repository@staff.ukdw.ac.id creators_name: , Isa Karuniawati creators_id: 41180282 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Nugroho, Daniel Chriswinanto Adityo contributors_name: Purnajati, Oscar Gilang contributors_id: 0513098702 contributors_id: 0503049101 corp_creators: Universitas Kristen Duta Wacana title: PENGARUH PENDIDIKAN TERHADAP LITERASI KESEHATAN PADA REMAJA DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA (DIY) ispublished: unpub subjects: RA0421 divisions: pend_dokter full_text_status: restricted keywords: pendidikan, literasi kesehatan, remaja, DIY abstract: ABSTRAK Latar Belakang. Literasi kesehatan digunakan untuk memahami informasi dengan baik agar tidak mudah termakan hoaks serta menyelesaikan masalah tentang kesehatan. Sumber informasi kesehatan diperoleh melalui pendidikan dan pengalaman sehari-hari. Namun, pengetahuan remaja di Indonesia mengenai kesehatan belum cukup memadai. Adapun masih terdapat banyak faktor lain yang dapat berpengaruh terhadap literasi kesehatan pada remaja DIY. Tujuan. Mengetahui pengaruh pendidikan terhadap literasi kesehatan pada remaja Daerah Istimewa Yogyakarta. Metode. Penelitian ini merupakan penelitian dengan metode kuantitatif yang menggunakan jenis desain potong lintang (study cross sectional). Hasil. Terdapat 455 data yang diperoleh untuk penelitian ini. Hasil uji homogenitas menggunakan Levene’s F Statistic Test (W0) untuk mengukur kesetaraan variabel antara pendidikan dengan literasi kesehatan adalah p = 0,794, artinya homogen. Berdasarkan analisis univariat menunjukkan bahwa remaja yang memiliki literasi kesehatan baik sejumlah 226 (49,67%) yang berarti sedikit lebih rendah dibandingkan dengan remaja yang memiliki literasi kesehatan yang buruk, yaitu sebanyak 229 (50,33%). Pada analisis regresi logistik sederhana serta berganda dengan analisis bivariat dan multivariat, ditemukan bahwa seluruh variabel yang diteliti tidak ada yang signifikan memengaruhi literasi kesehatan pada remaja DIY (p>0,05). Kesimpulan. Pendidikan tidak memengaruhi literasi kesehatan. Demikian pula usia, jenis kelamin, tinggal bersama orang tua, pendidikan terakhir orang tua atau wali, kegiatan, dan perilaku juga tidak ada yang berpengaruh signifikan terhadap literasi kesehatan remaja DIY. Sebab literasi kesehatan lebih dipengaruhi oleh faktor motivasi dan niat remaja serta masih banyak faktor lain yang lebih dominan. Kata kunci: pendidikan, literasi kesehatan, remaja, DIY. date: 2022-12-03 date_type: published institution: Universitas Kristen Duta Wacana department: Kedokteran thesis_type: skripsi thesis_name: other funders: isakaruniawati4158@gmail.com citation: Isa Karuniawati (2022) PENGARUH PENDIDIKAN TERHADAP LITERASI KESEHATAN PADA REMAJA DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA (DIY). Final Year Projects (S1) thesis, Universitas Kristen Duta Wacana. document_url: https://katalog.ukdw.ac.id/7528/1/41180282_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf document_url: https://katalog.ukdw.ac.id/7528/2/41180282_bab2-sd-bab4_lampiran.pdf