%0 Thesis %9 Final Year Projects (S1) %A Abigael Stephannie Wibisono %A Universitas Kristen Duta Wacana, %B Kedokteran %D 2022 %F katalog:7514 %I Universitas Kristen Duta Wacana %K “Motivation”, “Students, Medicine”, “School, Medicine”, “Education, Medicine”, “COVID-19” %T GAMBARAN MOTIVASI MAHASISWA KEDOKTERAN DI MASA PANDEMI COVID-19 : SCOOPING REVIEW %U https://katalog.ukdw.ac.id/7514/ %X Latar Belakang: Perubahan metode belajar selama pandemi COVID-19 memengaruhi motivasi belajar mahasiswa. Selama pandemi COVID-19, motivasi begitu penting dalam menunjang output pembelajaran sebab motivasi dan belajar erat kaitannya, terlebih di fakultas kedokteran yang menuntut lifelong learning. Dilatarbelakangi peristiwa ini serta belum adanya penelitian-penelitian yang mengulas dan mengidentifikasi antara motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik dalam memengaruhi proses pembelajaran mahasiswa kedokteran, maka Penulis tertarik untuk meneliti mengenai motivasi yang merupakan salah satu kunci utama dalam menjalankan pendidikan, sehingga penting untuk dikaji. Tujuan: Mengetahui dan mengeksplorasi bagaimana motivasi mahasiswa kedokteran dalam proses pembelajaran jarak jauh serta untuk mengetahui motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik yang ada pada mahasiswa kedokteran selama pembelajaran jarak jauh di masa pandemi COVID-19. Metode: Scoping review ini dilakukan dengan mengikuti kerangka metodologi untuk scoping review Arksey dan O'Malley. Strategi pencarian dilakukan pada empat database elektronik: PubMed, JSTOR, Garuda, SAGE. Penulis secara independen mengekstraksi judul, abstrak, dan teks lengkap. Hasil: Enam belas artikel dimasukkan ke dalam penelitian ini dengan artikel membahas motivasi intrinsik sejumlah 6 artikel, motivasi ekstrinsik sejumlah 10 artikel, dan artikel yang membahas keduanya sejumlah 1 artikel. Motivasi intrinsik terbanyak ditemui adalah altruisme. Motivasi ekstrinsik terbanyak ditemui adalah mengenai desain pembelajaran. Kesimpulan: Scoping review ini menemukan motivasi intrinsik diantaranya profesionalisme, pengalaman belajar, rasa kebanggaan, ingin meningkatkan keterampilan, pelayanan terhadap sesama (altruisme), dan rasa kecemasan dan kekhawatiran. Ditemukan pula motivasi ekstrinsik desain pembelajaran, perencanaan karir di masa depan, kesejahteraan meliputi rasa aman, lingkungan pembelajaran, perasaan dibutuhkan oleh orang lain, mendapatkan pembimbingan, dan faktor rekan kerja.