%X Latar Belakang: Kualitas tidur yang buruk menjadi salah satu masalah kesehatan bagi kebanyakan orang. Permasalahan terkait kualitas tidur dapat terjadi pada semua golongan usia, khususnya sering terjadi pada kelompok dewasa muda atau kalangan mahasiswa. Kualitas tidur dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor. Salah satu faktor yang mempengaruhi kualitas tidur pada mahasiswa adalah metode pembelajaran yang diterima. Metode pembelajaran yang diterima oleh mahasiswa dapat berubah-ubah, terutama dalam masa pandemi COVID-19. Metode pembelajaran yang biasanya dilakukan secara luring sekarang berubah menjadi daring. Tujuan: Untuk mengetahui dan mengukur kualitas tidur mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Kristen Duta Wacana selama pembelajaran daring. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional. Penelitian ini menggunakan data kualitas tidur yang diperoleh dari pengisian kuesioner Pittsburgh Sleep Quality Indix(PSQI). Data dianalisis dengan menggunakan uji Mann Whitney dan signifikan jika nilai p<0,05. Populasi pada penelitian ini yaitu mahasiswa angkatan 2018 dan 2019. Hasil: Sampel penelitian berjumlah 148 mahasiswa yang terbagi menjadi 76 mahasiswa angkatan 2018 dan 72 mahasiswa angkatan 2019. Hasil analisis dengan uji Mann Whitney menunjukan tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada kualitas tidur mahasiswa berdasarkan angkatan, usia, dan jenis kelamin responden (p>0,05) Kesimpulan: Kualitas tidur mahasiswa adalah kualitas tidur yang buruk dan tidak terdapat perbedaan yang signifikan antar angkatan, usia, dan jenis kelamin pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Kristen Duta Wacana selama pembelajaran daring. %T KUALITAS TIDUR PADA MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS KRISTEN DUTA WACANA SELAMA PEMBELAJARAN DARING %I Universitas Kristen Duta Wacana %L katalog7475 %A Ivon Widiastuti 41170178 %D 2022 %K Kualitas Tidur, Mahasiswa, Metode Pembelajaran, Pandemi COVID-19, PSQI.