eprintid: 7473 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 40 dir: disk0/00/00/74/73 datestamp: 2023-03-14 03:24:40 lastmod: 2023-03-14 03:24:40 status_changed: 2023-03-14 03:24:40 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: repository@staff.ukdw.ac.id creators_name: 41170159, Claudius Pasco Yudhitama S.M. creators_id: claudiussembiring34@gmail.com contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Purnajati, Oscar Gilang contributors_name: Triastuti, Ida Ayu corp_creators: Universitas Kristen Duta Wacana title: PERBANDINGAN NILAI UJIAN BLOK DARING DAN LURING PADA MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS KRISTEN DUTA WACANA ispublished: pub subjects: L1 subjects: LB divisions: pend_dokter full_text_status: restricted keywords: Virus Corona, Pembelajaran Daring, Pembelajaran Luring, Nilai Ujian Blok abstract: Latar Belakang: Pada Desember 2019, dunia dihadapkan pada penyebaran virus yang menyebabkan penyakit pada pernapasan yang menyebar dari manusia ke manusia yaitu Virus Corona berasal dari kota Wuhan, China. Perkembangan wabah COVID-19 yang semakin cepat menimbulkan tantangan dan kecemasan bagi seluruh masyarakat terutama mahasiswa pendidikan kedokteran. Akibatnya, muncul metode pembelajaran baru yang dihimbau oleh pemerintah yaitu metode pembelajaran daring. Dengan adanya perbedaan sistem pembelajaran daring dan luring menyebabkan mahasiswa kesulitan dalam cara belajar. Beberapa mahasiswa akan mengalami kesulitan dan harus beradaptasi dengan sistem belajar yang baru, sehingga menimbulkan kekhawatiran mahasiswa terhadap hasil belajar. Tujuan: Untuk mengetahui perbandingan nilai ujian blok daring dan luring pada mahasiswa fakultas kedokteran Universitas Kristen Duta Wacana. Metode: Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif analitik dengan pendekatan cross-sectional. Data penelitian ini didapat melalui Biro Administrasi Akademik Fakultas Kedokteran Universitas Kristen Duta Wacana. Analisis data pada penelitian ini menggunakan Independent sample t test. Hasil: Sampel pada penelitian ini melibatkan 192 orang terdiri dari 94 orang mahasiswa angkatan 2017 yang menjalani perkuliahan secara luring dan 98 orang mahasiswa angkatan 2018 yang menjalani perkuliahan secara daring. Berdasarkan analisis data dengan menggunakan Independent sampel t test, diketahui bahwa terjadi peningkatan nilai yang signifikan pada pembelajaran online pada blok-blok yang diteliti dalam penelitian ini (dengan selisih 11.304 pada blok Gangguan gerak dan tumbuh kembang anak, 14.726 pada blok gastrointestinal, dan 18.122 pada blok Hematoimunologi). Kesimpulan: Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Kristen Duta Wacana yang menjalani pembelajaran daring memiliki rerata nilai ujian blok yang secara signifikan lebih meningkat daripada mahasiswa yang menjalani pembelajaran luring. date: 2022-12-03 date_type: published pages: 51 institution: Universitas Kristen Duta Wacana department: Kedokteran thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: 41170159, Claudius Pasco Yudhitama S.M. (2022) PERBANDINGAN NILAI UJIAN BLOK DARING DAN LURING PADA MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS KRISTEN DUTA WACANA. Bachelor thesis, Universitas Kristen Duta Wacana. document_url: https://katalog.ukdw.ac.id/7473/1/41170159_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf document_url: https://katalog.ukdw.ac.id/7473/2/41170159_bab2%20sd%20bab4_lampiran.pdf