eprintid: 7430 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 504 dir: disk0/00/00/74/30 datestamp: 2023-02-27 04:03:28 lastmod: 2023-02-27 04:03:28 status_changed: 2023-02-27 04:03:28 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: natasha1257nadya@gmail.com creators_name: , Natasha Nadya Harjanto creators_id: 71180345 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Haryono, Nugroho Agus contributors_name: Setiadi, Hendro contributors_id: 0510117502 contributors_id: 0521037301 corp_creators: Universitas Kristen Duta Wacana title: USER EXPERIENCE PERMAINAN FILTER EYE BLINKING INSTAGRAM BERBASIS SPARKAR DENGAN METODE GAME EXPERIENCE QUESTIONNAIRE ispublished: unpub subjects: QA75 subjects: QA76 divisions: tek_informatika full_text_status: restricted keywords: Filter, Instagram, Eye blinking, SparkAR, Game Experience Questionnaire abstract: Game di pasaran saat ini perlu mempersiapkan berbagai macam alat permainan untuk dapat memulai permainan. Kini, telah muncul sistem Augmented Reality (AR) dan banyak digunakan untuk pembuatan Filter Instagram sebagai permainan dengan menggunakan SparkAR untuk pembuatannya dan menggunakan sentuhan tangan, eye blinking, atau gerakan kepala untuk mengontrol permainan. Pada penelitian ini, dilakukan pembuatan permainan dalam bentuk Filter Instagram yang dapat dimainkan dengan menggunakan kedipan mata atau eye blinking dan hanya memerlukan satu buah smartphone untuk memainkan permainan. Filter Instagram “Lompat Karung” dibuat dengan menggunakan SparkAR dan dilakukan analisis dengan metode Game Experience Questionnaire untuk melihat gaming Experience seperti apa yang dirasakan pemain saat memainkan permainan pada penelitian ini. Penelitian telah dilakukan dan dihasilkan permainan Filter Instagram dengan nama “Lompat Karung” yang telah disebarluaskan dan dimainkan oleh sebanyak ±5.200 pengguna Instagram dengan komponen Core Module yang dirasakan yaitu Positive Affect dengan rata-rata 4.07, Immersion dengan rata-rata 4.17, dan komponen Post-Game Module Positive Experience dengan rata-rata 4.03. date: 2022-12-03 date_type: published pages: 55 institution: Universitas Kristen Duta Wacana department: Informatika thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Natasha Nadya Harjanto (2022) USER EXPERIENCE PERMAINAN FILTER EYE BLINKING INSTAGRAM BERBASIS SPARKAR DENGAN METODE GAME EXPERIENCE QUESTIONNAIRE. Bachelor thesis, Universitas Kristen Duta Wacana. document_url: https://katalog.ukdw.ac.id/7430/1/71180345_bab1_bab5_daftar%20pustaka.pdf document_url: https://katalog.ukdw.ac.id/7430/2/71180345_bab2%20s.d%20bab4_lampiran.pdf