@unpublished{katalog7430, school = {Universitas Kristen Duta Wacana}, title = {USER EXPERIENCE PERMAINAN FILTER EYE BLINKING INSTAGRAM BERBASIS SPARKAR DENGAN METODE GAME EXPERIENCE QUESTIONNAIRE}, month = {December}, author = {Natasha Nadya Harjanto}, year = {2022}, abstract = {Game di pasaran saat ini perlu mempersiapkan berbagai macam alat permainan untuk dapat memulai permainan. Kini, telah muncul sistem Augmented Reality (AR) dan banyak digunakan untuk pembuatan Filter Instagram sebagai permainan dengan menggunakan SparkAR untuk pembuatannya dan menggunakan sentuhan tangan, eye blinking, atau gerakan kepala untuk mengontrol permainan. Pada penelitian ini, dilakukan pembuatan permainan dalam bentuk Filter Instagram yang dapat dimainkan dengan menggunakan kedipan mata atau eye blinking dan hanya memerlukan satu buah smartphone untuk memainkan permainan. Filter Instagram ?Lompat Karung? dibuat dengan menggunakan SparkAR dan dilakukan analisis dengan metode Game Experience Questionnaire untuk melihat gaming Experience seperti apa yang dirasakan pemain saat memainkan permainan pada penelitian ini. Penelitian telah dilakukan dan dihasilkan permainan Filter Instagram dengan nama ?Lompat Karung? yang telah disebarluaskan dan dimainkan oleh sebanyak {$\pm$}5.200 pengguna Instagram dengan komponen Core Module yang dirasakan yaitu Positive Affect dengan rata-rata 4.07, Immersion dengan rata-rata 4.17, dan komponen Post-Game Module Positive Experience dengan rata-rata 4.03.}, url = {https://katalog.ukdw.ac.id/7430/}, keywords = {Filter, Instagram, Eye blinking, SparkAR, Game Experience Questionnaire} }