eprintid: 7398 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 11 dir: disk0/00/00/73/98 datestamp: 2023-02-16 05:22:57 lastmod: 2023-02-16 05:22:57 status_changed: 2023-02-16 05:22:57 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: repository@staff.ukdw.ac.id creators_name: , Ristri Krisnugraheni creators_id: 72180204 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Proboyekti, Umi contributors_name: Wibowo, Argo contributors_id: 0508087001 contributors_id: 0516118902 corp_creators: Universitas Kristen Duta Wacana title: PENERAPAN USER INTERFACE DESIGN PATTERN UNTUK KATALOG OBJEK BUDAYA PERMAINAN TRADISIONAL BERBASIS MOBILE ispublished: unpub subjects: T1 divisions: sist_informasi full_text_status: restricted keywords: pola desain, objek budaya, UEQ (user experience questionnare), usability testing abstract: Tim penelitian alun-alun merupakan penelitian yang berfokus pada penelitian pengembangan model untuk beberapa objek budaya Indonesia. penelitian ini akan menghasilkan model berbasis semantic web yang menekankan pada relasi objek budaya. Fokus pada penelitian ini adalah menerapkan pola desain untuk katalog objek budaya permainan tradisional, yang dapat digunakan oleh target pengguna. Metode penelitian yang digunakan design thinking yang berfokus pada pengambilan user konteks. Pola desain yang diterapkan terdapat 4 pola desain yaitu pola grid, pola hierarchy, pola sequential dan pola composite. Perancangan pola desain dibangun dengan figma dan dilakukan pengujian menggunakan UEQ. Hasil pengujian UEQ (User Experience Questionarre) yang telah mengumpulkan sebanyak 50 responden. Hasil pengujian perbandingan 4 pola desain bahwa pola desain yang memiliki nilai unggul adalah pola grid . Hasil rata – rata aspek daya tarik (attractiveness) 1,80, kejelasan (perspicuity) 1,87, efisiensi (efficiency) 1,65, ketepatan (depandebelity) 1,55, dan stimulasi (stimulation) 1,62 dengan konversi kategori hasilnya adalah baik (good). Sedangkan aspek kebaruan (novelty) 1,00. Maka peneliti dapat merekomendasikan kepada tim penelitian alun – alun bahwa pola desain yang tepat adalah pola grid , dapat diterapkan dalam katolog objek budaya permainan tradisional.Setelah menentukan pola desain yang tepat maka dilanjutkan dengan pengujian menggunakan usabality testing untuk pola grid . Bertujuan untuk mengukur tingkat tugas yang diberikan, Hasil yang diperolah menunjukan skor 92. date: 2022-12-03 date_type: published institution: Universitas Kristen Duta Wacana department: Sistem Informasi thesis_type: skripsi thesis_name: other funders: ristrikrisnugraheni@gmail.com citation: Ristri Krisnugraheni (2022) PENERAPAN USER INTERFACE DESIGN PATTERN UNTUK KATALOG OBJEK BUDAYA PERMAINAN TRADISIONAL BERBASIS MOBILE. Final Year Projects (S1) thesis, Universitas Kristen Duta Wacana. document_url: https://katalog.ukdw.ac.id/7398/1/72180204_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf document_url: https://katalog.ukdw.ac.id/7398/2/72180204_bab2-sd-bab4_lampiran.pdf