eprintid: 7373 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 504 dir: disk0/00/00/73/73 datestamp: 2023-02-10 04:23:25 lastmod: 2023-02-10 04:23:25 status_changed: 2023-02-10 04:23:25 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: gloria.rehiara123@gmail.com creators_name: , Hanna Gloria Claudia Rehiara creators_id: 62170039 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Nur, Christmastuti contributors_name: Satwikasanti, Winta Tridhatu corp_creators: Universitas Kristen Duta Wacana title: PENGEMBANGAN KONSEP PERMAINAN UNTUK MENGEDUKASI NEUROTIPIKAL MEMPELAJARI GESTUR AUTIS NON VERBAL DALAM AKTIVITAS SEHARI-HARI ispublished: unpub subjects: HN subjects: NX divisions: pro_desa full_text_status: restricted keywords: autis non verbal, boardgame, komunikasi, neurotypikal, gestur abstract: Peran komunikasi sangat penting bagi neurotypical dan seorang autis non verbal dalam kehidupan sehari-hari.Seorang autis nonverbal memiliki kekurangan dalam berkomunikasi secara dua arah dengan orang-orang yang berada di sekitarnya, sehingga seorang autis non verbal berkomunikasi dengan orang yang berada di sekitarnya melalui gerak tubuh dan isyarat yang sulit untuk dipahami oleh neurotypical. Keterbatasan yang dimiliki autis non verbal dalam berkomunikasi tidak dapat dipaksakan. Oleh karena itu, seorang di luar kondisi autis yang mampu memahami sebuah komunikasi dengan baik dapat mempelajari bagaimana cara seorang autis non verbal berkomunikasi melalui sebuah gerak tubuh. Setelah melakukan penelitian melalui observasi yang mendalam, ditemukan sebuah cara yang memudahkan seorang di luar kondisi autis (neuorotypical) untuk mempelajari gerak tubuh autis non verbal dalam berkomunikasi. Dengan kata lain, mempelajari cara berkomunikasi autis non verbal dapat dilakukan bersama-sama dan menyenangkan. Melalui sebuah permainan berjenis boardgame, dikembangkan sebagai inovasi yang menjawab permasalahan keterbatasan dalam memahami komunikasi dua arah. Permainan ini memberikan fungsi,ukuran, dan bentuk yang memadai dan juga ideal untuk digunakan saat berpergian. Papan boardgame dirancang dengan menggunakan material kain untuk mengoptimalkan fungsi. date: 2022-12-03 date_type: published pages: 47 institution: Universitas Kristen Duta Wacana department: Desain Produk thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Hanna Gloria Claudia Rehiara (2022) PENGEMBANGAN KONSEP PERMAINAN UNTUK MENGEDUKASI NEUROTIPIKAL MEMPELAJARI GESTUR AUTIS NON VERBAL DALAM AKTIVITAS SEHARI-HARI. Final Year Projects (S1) thesis, Universitas Kristen Duta Wacana. document_url: https://katalog.ukdw.ac.id/7373/1/62170039_bab1_bab5_daftar%20pustaka.pdf document_url: https://katalog.ukdw.ac.id/7373/2/62170039_bab2%20s.d%20bab4_lampiran.pdf