eprintid: 7307 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 504 dir: disk0/00/00/73/07 datestamp: 2023-01-25 03:51:37 lastmod: 2023-01-25 03:51:37 status_changed: 2023-01-25 03:51:37 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: juan.chandra13@gmail.com creators_name: , Juan Chandra Jatiputra creators_id: 12180273 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Christanti, Rossalina corp_creators: Universitas Kristen Duta Wacana title: ADOPSI E-COMMERCE PADA UMKM SELAMA MASA KRISIS: DENGAN PERAN MEDIATOR COST MANAGEMENT SEBAGAI COPING MECHANISM ispublished: unpub subjects: HF subjects: HF5601 divisions: pro_akuntansi full_text_status: restricted keywords: E-commerce, Kierja Operasional, Kinerja Pemasaran, Kinerja Finansial abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari variabel Kinerja Operasional dan Kinerja Pemasaran Pasca Adopsi E-commerce terhadap Kinerja Finansial UMKM kultural yang dimoderasi oleh Coping Strategy Manajemen Biaya. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer melalui kuesioner yang disebar secara online kepada UMKM kultural dari daerah Temanggung, Magelang, Yogyakarta dan Solo menggunakan Google Form. Kemudian diperoleh hasil responden sebanyak 120 responden pemilik UMKM kultural melalui metode non probability sampling dengan teknik purposive random sampling. Kemudian peneliti menggunakan aplikasi SPSS versi 24 untuk melakukan pengolahan data kuesioner yang telah diperoleh sebelumnya yang berupa regresi linerar berganda dan moderated reggresion alanysis (MRA) dengan uji hipotesis yaitu Uji F, Uji T dan Koefisien Determinasi (R2). Hasil penelitian terhadap uji regresi linear berganda didapatkan hasil bahwa Kinerja Operasional Pasca Adopsi E-commerce memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Kinerja Finansial UMKM kultural sehingga dapat dikatakan bahwa Hipotesis 1 didukung, sedangkan Kinerja Pemasaran Pasca Adopsi E-commerce memiliki pengaruh yang positif tetapi tidak signifikan terhadap Kinerja Finansial UMKM kultural sehingga dapat dikatakan bahwa Hipotesis 2 tidak terdukung. Lalu untuk uji moderated reggresion analysis (MRA) didapatkan hasil bahwa Coping Strategy Manajemen Biaya dapat memoderasi Kinerja Operasional Pasca Adopsi E-commerce terhadap Kinerja Finansial UMKM kultural sehingga dapat dikatakan bahwa Hipotesis 3a didukung, dan karena pada Hipotesis 2 tidak terdukung, maka Coping Strategi Manajemen Biaya tidak dapat memoderasi variabel Kinerja Pemasaran Pasca Adopsi E-commerce terhadap Kinerja Finansial UMKM kultural karena syarat untuk moderasi adalah variabel independen haruslah signifikan terhadap variabel dependennya. date: 2022-12-03 date_type: published pages: 41 institution: Universitas Kristen Duta Wacana department: Akuntansi thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Juan Chandra Jatiputra (2022) ADOPSI E-COMMERCE PADA UMKM SELAMA MASA KRISIS: DENGAN PERAN MEDIATOR COST MANAGEMENT SEBAGAI COPING MECHANISM. Bachelor thesis, Universitas Kristen Duta Wacana. document_url: https://katalog.ukdw.ac.id/7307/1/12180273_bab1_bab5_daftar%20pustaka.pdf document_url: https://katalog.ukdw.ac.id/7307/2/12180273_bab2%20s.d%20bab4_lampiran.pdf