eprintid: 7241 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 11 dir: disk0/00/00/72/41 datestamp: 2022-11-03 01:39:37 lastmod: 2022-11-03 01:39:37 status_changed: 2022-11-03 01:39:37 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: repository@staff.ukdw.ac.id creators_name: , Alfina Febri Pratama creators_id: 72180188 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Wibowo, Argo contributors_name: Wijana, Katon contributors_id: 0516118902 contributors_id: 0527076801 corp_creators: Universitas Kristen Duta Wacana title: PEMBUATAN SISTEM INFORMASI TICKETING HELPDESK DALAM PELAPORAN BUG ATAU GAGAL SISTEM ispublished: unpub subjects: QA76 divisions: sist_informasi full_text_status: restricted keywords: Helpdesk, Ticketing System, Information System, Ticket, Black Box Testing. abstract: Dalam pengembangan e-commerce terdapat berbagai kendala, salah satunya adalah manajemen pelaporan bug yang masih dilakukan secara manual melalui aplikasi obrolan. Hal ini mengakibatkan tidak adanya dokumentasi atau pencatatan untuk setiap laporan yang masuk kepada tim IT Support yang menyebabkan beberapa laporan tidak terselesaikan dan kurangnya koordinasi dalam penyelesaian laporan. Dengan masalah yang ada, maka diperlukan sistem Ticketing Helpdesk yang dapat memenuhi kebutuhan pelanggan terkait pertanyaa, pelayanan, bantuan teknis, dan kelihan terhadap produk yang memanfaatkan penomoran untuk mempermudah penanganan masalah yang dikoordinasikan oleh tim IT Support. Implementasi sistem ticketing helpdesk pada pelaporan kesalahan sistem yaitu adanya beberapa fitur yang akan memudahkan pengguna dan staff IT Support dalam mengelola ticket pelaporan yaitu fitur pembuatan ticket pelaporan, fitur search ticket, fitur notifikasi melalui email, serta fitur export report. Berdasarkan implementasi sistem ticketing helpdesk tersebut, maka dilakukan pengujian secara manual dengan metode black box. Pengujian dilakukan secara manual pada seluruh antarmuka yang ada pada sistem ticketing helpdesk. Pengujian ini dilakukan dengan membuat sebuah skenario pengujian yang menguji setiap fungsionalitas yang ada pada sistem. Kalkulasi dilakukan untuk mengambil kesimpulan dari pengujian yang telah dilakukan. Hasil kalkulasi menunjukan bahwa fitur-fitur yang ada pada sistem ticketing helpdesk sudah 100% bekerja sesuai dengan rancangan yang diharapkan. date: 2022-07-06 date_type: published institution: Universitas Kristen Duta Wacana department: Sistem Informasi thesis_type: skripsi thesis_name: other funders: alfinafebrip@gmail.com citation: Alfina Febri Pratama (2022) PEMBUATAN SISTEM INFORMASI TICKETING HELPDESK DALAM PELAPORAN BUG ATAU GAGAL SISTEM. Final Year Projects (S1) thesis, Universitas Kristen Duta Wacana. document_url: https://katalog.ukdw.ac.id/7241/1/72180188_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf document_url: https://katalog.ukdw.ac.id/7241/2/72180188_bab2-sd-bab4_lampiran.pdf