eprintid: 7221 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 504 dir: disk0/00/00/72/21 datestamp: 2022-09-28 04:40:31 lastmod: 2022-09-28 04:40:31 status_changed: 2022-09-28 04:40:31 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: thesa.lonika@yahoo.com creators_name: , Thesalonika Dwi Wardhani Puspita B creators_id: 81180046 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Subekti, Adaninggar Septi contributors_id: 0504098902 corp_creators: Universitas Kristen Duta Wacana title: INSTAGRAM PLATFORM FOR VOCABULARY LEARNING OF NON-ENGLISH MAJOR UNIVERSITY STUDENTS IN INDONESIA ispublished: pub subjects: L1 subjects: PE divisions: pend_bing full_text_status: restricted keywords: English vocabulary, Instagram, vocabulary learning abstract: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana mahasiswa non-Bahasa Inggris di Indonesia menggunakan Instagram dan untuk mengetahui sikap mahasiswa dalam mempelajari kosakata bahasa Inggris menggunakan platform Instagram. Penelitian ini melibatkan 213 mahasiswa Indonesia non-Inggris yang merupakan pengguna Instagram dalam sebuah survei. Kuesioner disebarkan melalui media sosial seperti WhatsApp dan Instagram. Berdasarkan temuan, Instagram bermanfaat bagi siswa di lingkungan pendidikan. Dengan menggunakan metode kuantitatif, penelitian ini menemukan bahwa Instagram dapat digunakan untuk pembelajaran kosakata. Selain itu, penelitian ini juga melibatkan enam siswa dalam wawancara lanjutan. Hasil wawancara dianalisis dengan menggunakan analisis tematik dan ditemukan tiga tema. Pertama, siswa secara tidak sadar memperoleh kosakata bahasa Inggris yang terisolasi dari foto dan video di Instagram. Kedua, Instagram tidak terlalu membantu siswa untuk menggunakan kosakata yang diperoleh dalam kalimat. Ketiga, siswa secara sadar mempelajari kosakata bahasa Inggris baru yang terisolasi dari teks bahasa Inggris di Instagram. Hasil penelitian ini menyarankan agar siswa dapat menggunakan Instagram untuk belajar kosa kata bahasa Inggris dan meningkatkan kemampuan bahasa mereka. Penelitian ini juga menyarankan untuk penelitian selanjutnya untuk menyelidiki kelemahan penggunaan Instagram dalam pembelajaran bahasa Inggris. date: 2022-08-06 date_type: published pages: 41 institution: Universitas Kristen Duta Wacana department: Pendidikan Bahasa Inggris thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Thesalonika Dwi Wardhani Puspita B (2022) INSTAGRAM PLATFORM FOR VOCABULARY LEARNING OF NON-ENGLISH MAJOR UNIVERSITY STUDENTS IN INDONESIA. Bachelor thesis, Universitas Kristen Duta Wacana. document_url: https://katalog.ukdw.ac.id/7221/1/81180046_bab1_bab5_daftar%20pustaka.pdf document_url: https://katalog.ukdw.ac.id/7221/2/81180046_bab2%20s.d%20bab4_lampiran.pdf