eprintid: 7220 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 504 dir: disk0/00/00/72/20 datestamp: 2022-09-28 04:36:11 lastmod: 2022-09-28 04:36:11 status_changed: 2022-09-28 04:36:11 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: cindysembell@gmail.com creators_name: , Cindy Paulina Sembel creators_id: 81180044 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Endarto, Ignatius Tri contributors_id: 0521039101 corp_creators: Universitas Kristen Duta Wacana title: AN ANALYSIS OF DIRECTIVE SPEECH ACTS BY AN INDONESIAN EFL TEACHER DURING ONLINE INSTRUCTION ispublished: pub subjects: LB subjects: PE divisions: pend_bing full_text_status: restricted keywords: Directive speech acts, EFL classroom, online instruction, teacher talk abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji teacher talk dalam pembelajaran online dengan menganalisis jenis-jenis tindak tutur direktif yang dilakukan oleh guru. Taksonomi Searle digunakan dalam penelitian ini untuk mengkategorikan berbagai jenis direktif dalam pembicaraan guru. Data dikumpulkan melalui observasi. Satu orang guru dan 22 mahasiswa EFL jurusan non-bahasa Inggris yang sedang mengikuti kelas bahasa Inggris menjadi partisipan dalam penelitian ini. Hasil penelitian menemukan bahwa terdapat 8 tindak tutur direktif yang teridentifikasi dalam data penelitian, yaitu: “bertanya” (36,2%), “memerintah” (30,4%), “mengundang” (10,1%), “meminta” (7,2%), "berdoa/berharap" (4,3%), "mengizinkan" (4,3%), "menasehati" (4,3%), dan "melarang" (2,9%). Selain jenis direktif tersebut, ada dua karakteristik penting yang diidentifikasi dalam penggunaan tindak tutur direktif oleh guru, yaitu: (1) penggunaan hedges; dan (2) banyaknya jumlah tindak tutur "bertanya" dan "memerintah". Studi ini memberikan contoh nyata kepada guru, peneliti, dan pengembang materi di bidang ELT yang relevan tentang bagaimana tindak tutur bahasa Inggris digunakan selama pengajaran online dalam konteks EFL di Indonesia. date: 2022-08-06 date_type: published pages: 35 institution: Universitas Kristen Duta Wacana department: Pendidikan Bahasa Inggris thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Cindy Paulina Sembel (2022) AN ANALYSIS OF DIRECTIVE SPEECH ACTS BY AN INDONESIAN EFL TEACHER DURING ONLINE INSTRUCTION. Bachelor thesis, Universitas Kristen Duta Wacana. document_url: https://katalog.ukdw.ac.id/7220/1/81180044_bab1_bab5_daftar%20pustaka.pdf document_url: https://katalog.ukdw.ac.id/7220/2/81180044_bab2%20s.d%20bab4_lampiran.pdf