%0 Thesis %9 Bachelor %A Cindy Paulina Sembel %A Universitas Kristen Duta Wacana, %B Pendidikan Bahasa Inggris %D 2022 %F katalog:7220 %I Universitas Kristen Duta Wacana %K Directive speech acts, EFL classroom, online instruction, teacher talk %P 35 %T AN ANALYSIS OF DIRECTIVE SPEECH ACTS BY AN INDONESIAN EFL TEACHER DURING ONLINE INSTRUCTION %U https://katalog.ukdw.ac.id/7220/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji teacher talk dalam pembelajaran online dengan menganalisis jenis-jenis tindak tutur direktif yang dilakukan oleh guru. Taksonomi Searle digunakan dalam penelitian ini untuk mengkategorikan berbagai jenis direktif dalam pembicaraan guru. Data dikumpulkan melalui observasi. Satu orang guru dan 22 mahasiswa EFL jurusan non-bahasa Inggris yang sedang mengikuti kelas bahasa Inggris menjadi partisipan dalam penelitian ini. Hasil penelitian menemukan bahwa terdapat 8 tindak tutur direktif yang teridentifikasi dalam data penelitian, yaitu: “bertanya” (36,2%), “memerintah” (30,4%), “mengundang” (10,1%), “meminta” (7,2%), "berdoa/berharap" (4,3%), "mengizinkan" (4,3%), "menasehati" (4,3%), dan "melarang" (2,9%). Selain jenis direktif tersebut, ada dua karakteristik penting yang diidentifikasi dalam penggunaan tindak tutur direktif oleh guru, yaitu: (1) penggunaan hedges; dan (2) banyaknya jumlah tindak tutur "bertanya" dan "memerintah". Studi ini memberikan contoh nyata kepada guru, peneliti, dan pengembang materi di bidang ELT yang relevan tentang bagaimana tindak tutur bahasa Inggris digunakan selama pengajaran online dalam konteks EFL di Indonesia.