%X Dengan meningkatnya ketegangan hubungan antar pemeluk agama yang berbeda menjadi penting untuk diteliti dampaknya pada perilaku sehari-hari. Salah satu perilaku sehari-hari adalah perilaku perdagangan di pasar-pasar tradisional. Tulisan ini merupakan hasil penelitian terhadap interaksi antara pedagang, pembeli dan pensuplai barang di 4 pasar di Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian dilakukan dengan metode kuantitatif dan kualitatif yaitu dengan penyebaran pertanyaan kuesioner kepada 150 responden dan wawancara terfokus pada beberapa responden pilihan. Hasil penelitian memperlihatkan tidak signifikannya pengaruh perbedaan agama bagi perilaku para pedagang di pasar-pasar yang diteliti. Artinya, jika sikap preferensi terhadap pemeluk agama yang sama terjadi di beberapa lini kehidupan sosial, hal tersebut nyaris tidak terjadi dalam lini ekonomi. %D 2019 %O Penulis : Robert Setio, Wahju Satria Wibowo, Edy Nugroho %I LPPM UKDW %T PERILAKU PEDAGANG PASAR DALAM BERINTERAKSI DENGAN STAKEHOLDER, AGAMA SEBAGAI VARIABEL MEDIASI %J LPPM UKDW %K perilaku, hubungan antar agama, ekonomi, mediasi %A Robert Setio %A Wahju Satria Wibowo %A Edy Nugroho Widihantoro %L katalog7049