TY - UNPB N1 - Penulis : Robert Setio, Wahju Satria Wibowo, Edy Nugroho A1 - Setio, Robert A1 - Wibowo, Wahju Satria A1 - Widihantoro, Edy Nugroho UR - https://katalog.ukdw.ac.id/7049/ TI - PERILAKU PEDAGANG PASAR DALAM BERINTERAKSI DENGAN STAKEHOLDER, AGAMA SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PB - LPPM UKDW KW - perilaku KW - hubungan antar agama KW - ekonomi KW - mediasi AV - public ID - katalog7049 JF - LPPM UKDW N2 - Dengan meningkatnya ketegangan hubungan antar pemeluk agama yang berbeda menjadi penting untuk diteliti dampaknya pada perilaku sehari-hari. Salah satu perilaku sehari-hari adalah perilaku perdagangan di pasar-pasar tradisional. Tulisan ini merupakan hasil penelitian terhadap interaksi antara pedagang, pembeli dan pensuplai barang di 4 pasar di Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian dilakukan dengan metode kuantitatif dan kualitatif yaitu dengan penyebaran pertanyaan kuesioner kepada 150 responden dan wawancara terfokus pada beberapa responden pilihan. Hasil penelitian memperlihatkan tidak signifikannya pengaruh perbedaan agama bagi perilaku para pedagang di pasar-pasar yang diteliti. Artinya, jika sikap preferensi terhadap pemeluk agama yang sama terjadi di beberapa lini kehidupan sosial, hal tersebut nyaris tidak terjadi dalam lini ekonomi. Y1 - 2019/// ER -