eprintid: 7039 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 40 dir: disk0/00/00/70/39 datestamp: 2022-09-05 02:25:50 lastmod: 2022-09-05 02:25:50 status_changed: 2022-09-05 02:25:50 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: alexanderrabu27@gmail.com creators_name: , Wolfhardus Alexander Rabu creators_id: 71150115 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Rachmat C., Antonius contributors_name: Raharjo, Willy Sudiarto contributors_id: 0523128101 contributors_id: 0523048301 corp_creators: Universitas Kristen Duta Wacana title: PEMBUATAN E-LEARNING BERBASIS MOODLE MENGGUNAKAN GOAL DIRECTED DESIGN DAN UJI USABILITAS STUDI KASUS SMA TRI DHARMA, ENDE ispublished: unpub subjects: QA75 subjects: QA76 divisions: tek_informatika full_text_status: restricted keywords: E-learning , Website, Goal Directed Design, Moodle, Learning Management System, Task success, Software Usbality Measurement Inventory abstract: SMA Tri Dharma adalah salah satu sekolah di kota Ende yang diharuskan melakukan pembelajaran dari jauh atau secara online (e-learning) oleh pengaruh perkembangan teknologi dan masa pandemic covid-19. Hanya menggunakan bantuan aplikasi whatsapp membuat guru kesulitan melakukan pembelajaran online. Kesulitan memberi atau mengakses materi, kesulitan memberikan tugas, dan juga mengadakan ujian, penyampain materi menjadi terbatas oleh guru dan juga siswa kesulitan untuk memperoleh materi yang diberikan karena terbatas. Pemberian materi dan tugas juga bisa dilakukan sampai beberapa jam dan juga sampai beberapa hari oleh guru. Hal ini yang melatarbelakangi penulis untuk membuat website untuk mendukung pembelajaran secara online (e-learning) dengan bantuan aplikasi learning management system moodle dan dengan menggunakan metdoe goal directed design untuk mengetahui tujan dari pengguna sehingga website yang dibangun sesuai dengan tujuan dari pengguna. Selain itu dalam penelitian ini juga menggunakan task success dan kuesioner software usability measurement inventory untuk mengetahi sudah sebaik apa pengguna dalam menggunakan web, kepuasan dan kenyaman web saat digunakan oleh pengguna. Metode dalam penelitian ini adalah goal directed design dengan berfokus kepada pengguna dari SMA Tri Dharma Ende dengan jumlah 3 guru, 11 siswa dan 1 guru yang bertugas sebagi admin. Langkah – langkah dalam penelitian ini melakukan proses pengumpulan data research, melakukan permodelan persona pengguna modelling, menyusun kebutuhan requirements, membuat rancangan sistem framework, implementasi pembangunan sistem refinenment, uji dan evaluasi sistem support yang dilakukan menggunakan task success dan kuesioner software usability measurement inventory. Penelitian yang dilakukan menggunakan metode goal directed design berhasil dilakukan dengan tercapainya tujuan dari pengguna yaitu dapat melakukan pembelajaran secara online. Hal ini juga didukung dari hasil pengujian dan evaluasi terhadap website menggunakan task success dan kuesioner software usability measurement inventory diketahui bahwa website yang telah dibangun mudah digunakan oleh pengguna dan pengguna sudah merasa nyaman dan puas dalam menggunakan website untuk melakukan pembelajaran secara online. date: 2022-08-06 date_type: published pages: 85 institution: Universitas Kristen Duta Wacana department: Fakultas Teknologi Informasi thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Wolfhardus Alexander Rabu (2022) PEMBUATAN E-LEARNING BERBASIS MOODLE MENGGUNAKAN GOAL DIRECTED DESIGN DAN UJI USABILITAS STUDI KASUS SMA TRI DHARMA, ENDE. Final Year Projects (S1) thesis, Universitas Kristen Duta Wacana. document_url: https://katalog.ukdw.ac.id/7039/1/71150115_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf document_url: https://katalog.ukdw.ac.id/7039/2/71150115_bab2%20sd%20bab4_lampiran.pdf