eprintid: 680 rev_number: 14 eprint_status: archive userid: 33 dir: disk0/00/00/06/80 datestamp: 2020-11-25 07:55:42 lastmod: 2020-11-25 07:55:42 status_changed: 2020-11-25 07:55:42 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: repository@staff.ukdw.ac.id creators_name: 22971797, SIMSON creators_id: simson2710@gmail.com contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Delima, Rosa contributors_name: Setiadi, Hendro corp_creators: Universitas Kristen Duta Wacana title: IMPLEMENTASI ALGORITMA A* (A STAR) PADA GAME 3D DENGAN TARGET DINAMIS ispublished: pub subjects: QA subjects: QA75 subjects: QA76 subjects: T1 divisions: tek_informatika full_text_status: restricted keywords: Pathfinding, Algoritma A* (A Star), Kecerdasan Buatan, Game, Skripsi. abstract: Game pada umumnya dibuat untuk menghibur, adanya Non Player Character (NPC) memainkan peranan penting dalam banyak permainan, misalkan menjadi musuh ataupun teman dan yang berhubungan dengan permainan akan lebih menarik bila memiliki kecerdasan buatan, Salah satu metode kecerdasan buatan yang sering digunakan dalam game adalah pathfinding. Pathfinding yang optimal merupakan sesuatu yang rumit dilakukan dengan cara mencoba-coba rute yang ada, waktu yang dibutuhkan juga terpengaruh oleh tingkat kerumitan lingkungannya. Setiap NPC harus dapat mencari jalurnya masing-masing untuk mencapai sebuah target yang telah ditentukan sebelumnya dengan berbagai hambatan yang telah ada dan dapat diubah sesuai kebutuhan. Sehingga permainan dapat dibuat lebih menarik. Salah satu algoritma yang digunakan pada pathfinding adalah A* (A Star) digunakan dalam melakukan pencarian jalur yang optimal yang menghubungkan dua titik pada peta (grafik) dari permainan yang ada. A* lebih cocok untuk sebuah lingkungan di mana ada beberapa rute di sekitar lingkungan yang ada. Algoritma A* dapat membantu NPC untuk menemukan rute dalam mencari keberadaan target dengan berbagai halangan yang disediakan. date: 2018-11 date_type: published pages: 65 institution: Univeristas Kristen Duta Wacana department: Informatika thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: 22971797, SIMSON (2018) IMPLEMENTASI ALGORITMA A* (A STAR) PADA GAME 3D DENGAN TARGET DINAMIS. Final Year Projects (S1) thesis, Univeristas Kristen Duta Wacana. document_url: https://katalog.ukdw.ac.id/680/1/22971797_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf document_url: https://katalog.ukdw.ac.id/680/2/22971797_bab2-sd-bab4_lampiran.pdf