eprintid: 6783 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 504 dir: disk0/00/00/67/83 datestamp: 2022-04-28 04:46:54 lastmod: 2022-04-28 04:46:54 status_changed: 2022-04-28 04:46:54 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: repository@staff.ukdw.ac.id creators_name: 81160012, Leona Nine Angga Dewi creators_id: aleonanine7@gmail.com contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Endarto, Ignatius Tri contributors_id: 0521039101 corp_creators: Universitas Kristen Duta Wacana title: THE RELATIONSHIP BETWEEN METACOGNITIVE READING STRATEGIES AND INDONESIAN EFL LEARNERS' READING ACHIEVEMENT ispublished: pub subjects: L1 divisions: pend_bing full_text_status: restricted keywords: Strategi membaca metakognitif, Peserta didik EFL, Korelasi metacognitive reading strategies, EFL learners, Correlation abstract: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara strategi membaca metakognitif dan prestasi belajar siswa EFL. Ada tiga jenis strategi membaca metakognitif yaitu strategi membaca global, strategi membaca support, dan strategi membaca problem-solving. Pengumpulan data diambil dari beberapa kelas ESP di sebuah perguruan tinggi swasta di Yogyakarta dengan 56 peserta. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa item dengan mean terendah masih termasuk dalam kategori penggunaan tinggi pada kisaran 2,67-4,00. Selanjutnya, penelitian ini menemukan bahwa strategi membaca global dan strategi membaca problem-solving berkorelasi positif dengan prestasi mahasiswa, sedangkan strategi membaca support berkorelasi negatif dengan prestasi mahasiswa. Namun, korelasi tersebut secara statistik tidak signifikan. Ini menunjukkan bahwa tidak ada cukup bukti yang dapat menunjukkan bahwa korelasi yang sama juga terjadi dalam populasi, atau bahwa korelasi yang diamati mungkin hanya terjadi secara kebetulan. Studi lebih lanjut dengan jumlah partisipan yang lebih besar diperlukan untuk memastikan signifikansi statistik dari korelasi antara kedua variabel. date: 2022-03-12 date_type: published pages: 34 institution: Universitas Kristen Duta Wacana department: Pendidikan Bahasa Inggris thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: 81160012, Leona Nine Angga Dewi (2022) THE RELATIONSHIP BETWEEN METACOGNITIVE READING STRATEGIES AND INDONESIAN EFL LEARNERS' READING ACHIEVEMENT. Bachelor thesis, Universitas Kristen Duta Wacana. document_url: https://katalog.ukdw.ac.id/6783/1/81160012_bab1_bab5_daftar%20pustaka.pdf document_url: https://katalog.ukdw.ac.id/6783/2/81160012_bab2%20s.d%20bab4_lampiran.pdf