TY - THES N2 - Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara strategi membaca metakognitif dan prestasi belajar siswa EFL. Ada tiga jenis strategi membaca metakognitif yaitu strategi membaca global, strategi membaca support, dan strategi membaca problem-solving. Pengumpulan data diambil dari beberapa kelas ESP di sebuah perguruan tinggi swasta di Yogyakarta dengan 56 peserta. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa item dengan mean terendah masih termasuk dalam kategori penggunaan tinggi pada kisaran 2,67-4,00. Selanjutnya, penelitian ini menemukan bahwa strategi membaca global dan strategi membaca problem-solving berkorelasi positif dengan prestasi mahasiswa, sedangkan strategi membaca support berkorelasi negatif dengan prestasi mahasiswa. Namun, korelasi tersebut secara statistik tidak signifikan. Ini menunjukkan bahwa tidak ada cukup bukti yang dapat menunjukkan bahwa korelasi yang sama juga terjadi dalam populasi, atau bahwa korelasi yang diamati mungkin hanya terjadi secara kebetulan. Studi lebih lanjut dengan jumlah partisipan yang lebih besar diperlukan untuk memastikan signifikansi statistik dari korelasi antara kedua variabel. A1 - 81160012, Leona Nine Angga Dewi AV - restricted Y1 - 2022/03/12/ ID - katalog6783 TI - THE RELATIONSHIP BETWEEN METACOGNITIVE READING STRATEGIES AND INDONESIAN EFL LEARNERS' READING ACHIEVEMENT PB - Universitas Kristen Duta Wacana UR - https://katalog.ukdw.ac.id/6783/ KW - Strategi membaca metakognitif KW - Peserta didik EFL KW - Korelasi metacognitive reading strategies KW - EFL learners KW - Correlation M1 - skripsi EP - 34 ER -