@phdthesis{katalog6783, month = {March}, year = {2022}, author = {Leona Nine Angga Dewi 81160012}, school = {Universitas Kristen Duta Wacana}, title = {THE RELATIONSHIP BETWEEN METACOGNITIVE READING STRATEGIES AND INDONESIAN EFL LEARNERS' READING ACHIEVEMENT}, url = {https://katalog.ukdw.ac.id/6783/}, abstract = {Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara strategi membaca metakognitif dan prestasi belajar siswa EFL. Ada tiga jenis strategi membaca metakognitif yaitu strategi membaca global, strategi membaca support, dan strategi membaca problem-solving. Pengumpulan data diambil dari beberapa kelas ESP di sebuah perguruan tinggi swasta di Yogyakarta dengan 56 peserta. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa item dengan mean terendah masih termasuk dalam kategori penggunaan tinggi pada kisaran 2,67-4,00. Selanjutnya, penelitian ini menemukan bahwa strategi membaca global dan strategi membaca problem-solving berkorelasi positif dengan prestasi mahasiswa, sedangkan strategi membaca support berkorelasi negatif dengan prestasi mahasiswa. Namun, korelasi tersebut secara statistik tidak signifikan. Ini menunjukkan bahwa tidak ada cukup bukti yang dapat menunjukkan bahwa korelasi yang sama juga terjadi dalam populasi, atau bahwa korelasi yang diamati mungkin hanya terjadi secara kebetulan. Studi lebih lanjut dengan jumlah partisipan yang lebih besar diperlukan untuk memastikan signifikansi statistik dari korelasi antara kedua variabel.}, keywords = {Strategi membaca metakognitif, Peserta didik EFL, Korelasi metacognitive reading strategies, EFL learners, Correlation} }