eprintid: 6684 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 40 dir: disk0/00/00/66/84 datestamp: 2022-03-29 03:54:36 lastmod: 2022-03-29 03:54:36 status_changed: 2022-03-29 03:54:36 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: repository@staff.ukdw.ac.id creators_name: 41170135, Elsa Wijaya Prayoga creators_id: elsawijaya30@gmail.com contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Triastuti, Ida Ayu contributors_name: Dian H, Saverina Nungky corp_creators: Universitas Kristen Duta Wacana title: HUBUNGAN EFIKASI DIRI DENGAN SIKAP TANGGUNG JAWAB MAHASISWA FK UKDW ANGKATAN 2018 DALAM MENGIKUTI BLENDED LEARNING ispublished: pub subjects: L1 subjects: LB subjects: RA divisions: pend_dokter full_text_status: restricted keywords: Efikasi diri, sikap tanggung jawab, sikap, mahasiswa, blended learning. Keywords. Self-efficacy, responsibility attitude, attitude, students, blended learning. abstract: Latar belakang. Efikasi diri merupakan keyakinan seseorang akan kemampuannya untuk mengatur dan melaksanakan tindakan untuk menghasilkan sesuatu yang diinginkan. Sedangkan sikap didefinisikan sebagai kesiapan seseorang dalam bertindak terutama dalam melakukan sikap tanggung jawab. Pada pembelajaran tatap muka masih terdapat mahasiswa yg tidak bertanggung jawab dikarenakan target adalah mahasiswa kedokteran yang diharapkan memiliki efikasi diri dan sikap tanggung jawab yang baik dalam kondisi pembelajaran apapun salah satunya blended learning. Tujuan. untuk mengetahui hubungan antara efikasi diri dengan sikap tanggung jawab mahasiswa FK angkatan 2018 dalam mengikutiblended learning selama pandemi ini. Metode. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan design penelitian analitik dan pendekatan cross sectional. Pengambilan data primer menggunakan simple random sampling melalui kuesioner online yang disebarkan pada seluruh mahasiswa angkatan 2018 FK UKDW. Data yang dikumpulkan akan dianalisis dengan uji chi-square dan disebut signifikan jika p value<0,05. Hasil. Jumlah sampel penelitian ini sebesar 86 responden. penelitian ini menyatakan bahwa 1) efikasi diri dan sikap tanggung jawab berpengaruh positif atau semakin baik efikasi diri maka sikap tanggung jawab juga semakin baik pada blended learning. 2) pengaruh efikasi diri dan sikap tanggung jawab pada blended learning cukup besar yaitu dengan sumbangan signifikansi 96,1%. 3) efikasi diri baik sehingga muncul sikap tanggung jawab dalam mengikuti kegiatan blended learningdibuktikan oleh kategori sedang sebesar 65-69% pada total 86 responden yang terlibat. Kesimpulan.1)Efikasi diri dan sikap tanggung jawab mahasiswa FK UKDW Angkatan 2018 dalam mengikuti blended learningdengan presentase tertinggi yaitu berada di kategori sedang. 2)Mekanisme efikasi diri dan sikap tanggung jawab mahasiswa FK UKDW Angkatan 2018 terbilang cukup baik dalam menjalani perkuliahan blended learning.3) Adanya hubunganantara efikasi diri dengan sikap tanggung jawab. 4) Pengaruh Efikasi diri mahasiswa pada sikap tanggung jawab mahasiswa memberikan sumbangan sebesar 37,6 %. 5) Semakin baik efikasi diri maka semakin baik pula sikap tanggung jawab mahasiswa FK UKDW Angkatan 2018 dalam mengikuti blended learning. date: 2021-11-27 date_type: published pages: 51 institution: Universitas Kristen Duta Wacana department: Kedokteran thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: 41170135, Elsa Wijaya Prayoga (2021) HUBUNGAN EFIKASI DIRI DENGAN SIKAP TANGGUNG JAWAB MAHASISWA FK UKDW ANGKATAN 2018 DALAM MENGIKUTI BLENDED LEARNING. Bachelor thesis, Universitas Kristen Duta Wacana. document_url: https://katalog.ukdw.ac.id/6684/1/41170135_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf document_url: https://katalog.ukdw.ac.id/6684/2/41170135_bab2%20sd%20bab4_lampiran.pdf