%K Social-affective listening strategy, listening anxiety, EFL learners in Indonesia %T SOCIAL-AFFECTIVE STRATEGIES AND STUDENTS’ LISTENING ANXIETY: A STUDY OF EFL LEARNERS IN INDONESIA %D 2021 %L katalog6654 %A Eunike Putri Chriswiyati 81170022 %X Penelitian ini dilaksanakan dalam rangka meneliti penggunaan social-affective listening strategy, kecemasan saat kegiatan listening (mendengarkan) dan hubungan antara kedua variabel tersebut terhadap 74 mahasiswa di luar bidang studi Bahasa Inggris sebagai pembelajar EFL di Indonesia. Dengan menggunakan survei, ditemukan bahwa pemberlajar EFL di Indonesia dengan tingkat yang tinggi menerapkan social-affective listening strategy dan mengalami tingkat kecemasan yang sedang saat melakukan kegiatan listening. Meskipun demikian, uji statistika Pearson correlation menunjukkan (r (n-2) = -.116, p > .05) yang merepresentasikan korelasi negatif yang tidak signifikan antara penggunaan strategi listening dengan social-affective listening dan kecemasaan saat mendengarkan. Dengan begitu dapat disimpulkan bahwa meskipun tingkat korelasi rendah, peningkatan pada penggunaan strategi listening dengan social-affective dapat menurunkan kecemasan saat mendengarkan narasi berbahasa Inggris. Hasil dari penelitian ini menyarankan peningkatan terhadap penggunaan strategi listening dengan social-affective dan kesadaran yang lebih dari pembelajar EFL terhadap kecemasaan saat mendengarkan narasi berbahasa Inggris. Rekomendasi terhadap penelitian di masa mendatang untuk dapat menggunakan sample peserta di jenjang pendidikan yang berbea dan menganalisis data secara lebih mendalam untuk klarifikasi lanjut atas hasil. %I Universitas Kristen Duta Wacana