%X Penelitian ini menyelidiki pandangan siswa sekolah menengah atas terhadap konsep ‘World Englishes’ dan pandangan guru terhadap implementasinya didalam kelas. Penelitian ini melibatkan oleh 121 siswa SMA dan enam guru dari beberapa wilayah di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode wawancara dan survei secara online dikarenakan pandemi COVID-19 yang dilakukan secara terpisah untuk dua kelompok partisipan yang berbeda; guru dan siswa SMA. Hasil survei menunjukkan bahwa siswa memiliki pandangan yang dibawah rata-rata (M = 2.58) terhadap konsep ini karena mereka memiliki sedikit kecenderungan ke Bahasa Inggris Standar sementara mereka juga memiliki pandangan yang sedikit positif terhadap konsep ‘World Englishes’. Hal itu terlihat dari beberapa inkonsistensi dari hasil isi kuisioner. Disamping itu, hasil wawancara menunjukkan bahwa guru memiliki kesadaran akan pentingnya konsep ini karena mereka telah memperkenalkan ragam bahasa Inggris lainnya kepada siswa mereka. Guru memiliki cara dan metode yang berbeda untuk memperkenalkan konsep tersebut; menggunakan film dan video di dalam kelas sementara salah satu dari mereka menggunakan kaset audio dan secara eksplisit mengenalkan perbedaannya. Selain itu mereka juga memiliki tujuan dan pendapat yang berbeda tentang tingkat kepentingan untuk mengenalkan konsep ini. Beberapa guru memandang bahwa hal itu penting untuk diperkenalkan, beberapa hanya melihat itu sebagai bagian dari usaha mereka dalam memotivasi siswa agar mereka memiliki kepercayaan diri yang lebih baik. Selain itu, mereka juga menekankan kejelasan pelafalan daripada aksen bahasa Inggris siswa mereka. Berkenaan dengan itu, guru lain bisa lebih terbuka untuk mendorong siswa mereka. %A Ruth Eliana Franssisca 81170018 %K World Englishes, varieties of English, accents. %T HIGH SCHOOL STUDENTS' ATTITUDES TOWARDS WORLD ENGLISHES AND TEACHERS’ VIEWS ON ITS IMPLEMENTATION IN REGARD TO L2 CLASSROOM INSTRUCTION %L katalog6650 %D 2021 %I Universitas Kristen Duta Wacana