eprintid: 6565 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 11 dir: disk0/00/00/65/65 datestamp: 2022-03-21 02:56:12 lastmod: 2022-03-21 02:56:12 status_changed: 2022-03-21 02:56:12 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: repository@staff.ukdw.ac.id creators_name: 62170032, Crystallin Hadiwinoto contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Nur, Christmastuti contributors_name: Oentoro, Kristian corp_creators: Universitas Kristen Duta Wacana title: PENGEMBANGAN DESAIN PERMAINAN UNTUK MENINGKATKAN MINAT PENGGUNAAN AKSARA JAWA ispublished: pub subjects: L1 subjects: PN divisions: pro_desa full_text_status: restricted keywords: aksara Jawa, boardgame, pergeseran bahasa, permainan abstract: Aksara Jawa diajarkan di dalam mata pelajaran Bahasa Jawa pada tingkat SD, SMP, dan SMA di Yogyakarta. Terjadi fenomena pergeseran bahasa di kalangan mahasiswa dan mereka yang sudah selesai menempuh pendidikan wajib SD, SMP, dan SMA yaitu ketika orang muda mulai meninggalkan bahasa yang biasa digunakan orang tua mereka dan menggantinya menjadi bahasa yang modern. Telah dilakukan penelitian dengan metode rapid etnography yang bertujuan untuk mengetahui penyebab menurunnya penggunaan aksara Jawa serta cara untuk meningkatkan minat menggunakan aksara Jawa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa responden kurang dapat melihat fungsi praktis dari aksara Jawa dalam kehidupan sehari-hari dan cara untuk meningkatkan minat menggunakan aksara Jawa adalah dengan memberi suatu manfaat aksara Jawa yaitu dari segi rekreatif. Berangkat dari hal tersebut, ditentukan sebuah problem statement yaitu diperlukan sebuah desain permainan yang di dalamnya terdapat unsur aksara Jawa sehingga pengguna secara tidak langsung menggunakan aksara Jawa. Metode kreatif yang akan dilakukan adalah brainstorming dan SCAMPER. Produk yang didesain berupa permainan boardgame dan kartu. Uji coba yang telah dilakukan menunjukkan bahwa minat terhadap aksara Jawa dapat meningkat melalui kegiatan bermain dengan boardgame pada kelompok responden yang ditandai dengan user tertarik untuk memainkan, mendiskusikan validitas kata yang mereka buat, dan saling mengoreksi penggunaan aksara Jawa pemain lainnya. Peningkatan kemampuan membaca aksara Jawa dapat dilihat hasil kuesioner pre dan post test yang diberikan yaitu dengan kenaikan 15,9% pada rata-rata jawaban benar kelompok pertama dan 10,5% pada rata-rata kelompok kedua. Hal ini menunjukkan peningkatan minat dan kemampuan pengguna menggunakan aksara Jawa. date: 2021-11 date_type: published institution: Universitas Kristen Duta Wacana department: Desain Produk thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: 62170032, Crystallin Hadiwinoto (2021) PENGEMBANGAN DESAIN PERMAINAN UNTUK MENINGKATKAN MINAT PENGGUNAAN AKSARA JAWA. Bachelor thesis, Universitas Kristen Duta Wacana. document_url: https://katalog.ukdw.ac.id/6565/1/62170032_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf document_url: https://katalog.ukdw.ac.id/6565/2/62170032_bab2%20s.d%20bab4_lampiran.pdf