TY - THES N2 - Biji kopi adalah salah satu hasil kekayaan alam di Indonesia. Di Indonesia, khususnya kota Yogyakarta yang merupakan kota pelajar, tingkat konsumerisme generasi muda tinggi. Pada periode tahun 2000-2012, konsumsi kopi meningkat lebih dari 100 persen. Salah satu sektor usaha yang berkembang adalah bisnis coffee shop. Salah satu faktor yang mempengaruhi preferensi konsumen coffee shop adalah citarasa. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji aspek biologi citarasa kopi dan pengaruhnya terhadap preferensi konsumen. Penelitian dilakukan terhadap 200 konsumen dari tiga coffee shop di Kabupaten Sleman. Metode dilakukan dengan memberikan kuesioner dengan 5 faktor independen penguji citarasa kopi yaitu: acidity/keasaman (X1), body/ketebalan rasa (X2), bitter/ pahit (X3), sweetness/ rasa manis (X4), dan fragrance/ aroma (X5). Data yang diperoleh diolah dengan aplikasi SPSS dengan menggunakan uji regresi linear berganda. Aspek biologi citarasa merupakan faktor yang mempengaruhi preferensi konsumen. Preferensi konsumen merupakan faktor dependen (Y) yang dipengaruhi oleh kelima faktor independent (factor citarasa). Hasil menunjukkan besarnya koefisien determinasi (Adjusted R2) = 0,526, artinya variabel bebas secara bersama?sama mempengaruhi variabel terikat sebesar 52,6% sisanya sebesar 47,4% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan. A1 - 31160062, Theodora Amorita AV - restricted TI - BIOLOGI CITARASA KOPI DAN PENGARUHNYA TERHADAP PREFERENSI KONSUMEN COFFE SHOP DI KABUPATEN SLEMAN Y1 - 2021/07/31/ ID - katalog6410 M1 - skripsi UR - https://katalog.ukdw.ac.id/6410/ PB - Universitas Kristen Duta Wacana KW - Arabika Gayo KW - Faktor citarasa kopi KW - Komoditas kopi KW - Preferensi konsumen KW - Regresi linear berganda KW - Robusta Lampung EP - 62 ER -