eprintid: 6383 rev_number: 13 eprint_status: archive userid: 232 dir: disk0/00/00/63/83 datestamp: 2022-07-20 01:57:53 lastmod: 2022-07-20 01:57:53 status_changed: 2022-07-20 01:57:53 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: apriyanisheshe@gmail.com creators_name: Apriyani, She-She creators_id: 12170177 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Dewi, Christine Novita corp_creators: Universitas Kristen Duta Wacana title: Pengaruh Client Importance terhadap Kualitas Audit ispublished: unpub subjects: HF5601 divisions: pro_akuntansi full_text_status: restricted keywords: Audit Tenure, Client Importance, Fee Audit, Kualitas Audit dan Structural Equation Modelling (SEM) abstract: Penelitian ini bertujuan untuk memeriksa secara empiris pengaruh dari client importance terhadap kualitas audit pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada periode audit 2010-2019. Kualitas audit dalam penelitian ini diukur menggunakan dua indikator yaitu (1) ) hasil perkalian antara opini audit dan kualitas laba yang diukur berdasarkan tingkat akrual diskresioner (DA), (2) kualitas audit diukur dengan melihat hasil perkalian antara KAP Big-4 dan KAP Non Big-4 dengan opini audit yang diterbitkan. Client Importance diukur dengan menggunakan dua indikator yaitu fee audit yang diukur dengan logaritma natural total aset perusahaan dan Audit tenure yang diukur dengan melihat berapa lama akuntan publik (AP) dan kantor akuntan publik (KAP) memberikan jasa audit kepada klien yang sama. Penelitian ini menggunakan 940 data sampel perusahaan yang diambil dengan metode purposive sampling pada periode 2010 sampai dengan 2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yaitu pendekatan dengan analisis data yang disesuaikan dengan variabel yang diteliti. Teknis analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis pada penelitian ini adalah SEM (Structural Equation Modelling) yang di operasikan melalui program AMOS. Berdasarkan pengujian hipotesis yang telah dilakukan, hasil penelitian menunjukkan bahwa client importance berpengaruh negatif terhadap kualitas audit yang berarti jika seorang auditor menganggap klien nya sebagai client importance maka, dapat menurunkan kualitas audit yang dihasilkan. date: 2021-07-30 date_type: published pages: 38 institution: Universitas Kristen Duta Wacana department: Akuntansi thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Apriyani, She-She (2021) Pengaruh Client Importance terhadap Kualitas Audit. Bachelor thesis, Universitas Kristen Duta Wacana. document_url: https://katalog.ukdw.ac.id/6383/4/12170177_bab1_bab5_daftar%20pustaka.pdf document_url: https://katalog.ukdw.ac.id/6383/1/12170177_bab2%20s.d%20bab4_lampiran.pdf