TY - UNPB Y1 - 2021/07/30/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk memeriksa secara empiris pengaruh dari client importance terhadap kualitas audit pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada periode audit 2010-2019. Kualitas audit dalam penelitian ini diukur menggunakan dua indikator yaitu (1) ) hasil perkalian antara opini audit dan kualitas laba yang diukur berdasarkan tingkat akrual diskresioner (DA), (2) kualitas audit diukur dengan melihat hasil perkalian antara KAP Big-4 dan KAP Non Big-4 dengan opini audit yang diterbitkan. Client Importance diukur dengan menggunakan dua indikator yaitu fee audit yang diukur dengan logaritma natural total aset perusahaan dan Audit tenure yang diukur dengan melihat berapa lama akuntan publik (AP) dan kantor akuntan publik (KAP) memberikan jasa audit kepada klien yang sama. Penelitian ini menggunakan 940 data sampel perusahaan yang diambil dengan metode purposive sampling pada periode 2010 sampai dengan 2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yaitu pendekatan dengan analisis data yang disesuaikan dengan variabel yang diteliti. Teknis analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis pada penelitian ini adalah SEM (Structural Equation Modelling) yang di operasikan melalui program AMOS. Berdasarkan pengujian hipotesis yang telah dilakukan, hasil penelitian menunjukkan bahwa client importance berpengaruh negatif terhadap kualitas audit yang berarti jika seorang auditor menganggap klien nya sebagai client importance maka, dapat menurunkan kualitas audit yang dihasilkan. M1 - skripsi EP - 38 ID - katalog6383 AV - restricted KW - Audit Tenure KW - Client Importance KW - Fee Audit KW - Kualitas Audit dan Structural Equation Modelling (SEM) TI - Pengaruh Client Importance terhadap Kualitas Audit PB - Universitas Kristen Duta Wacana UR - https://katalog.ukdw.ac.id/6383/ A1 - Apriyani, She-She ER -